Mempelajari Bahasa Inggris Aksen Australia

Shivali Nayak - ABC Education    •    2017-09-14 07:09:54 WIB
Mempelajari Bahasa Inggris Aksen Australia
Understanding Australian English

Aksen Australia, yang sangat berbeda dengan aksen Amerika, bisa membuat sejumlah orang perlu membiasakan diri terlebih dahulu. 

Jadi apa yang dapat dilakukan untuk terbiasa dan memahami aksen Australia?

Kami meminta Amy Coutts dari Monash College untuk menjelaskan beberapa tips tentang cara meningkatkan pemahaman kita saat mendengarkan aksen Australia.

Memahami akses Australia

Aksen Australia adalah non-rotik, tidak seperti aksen Amerika yang bersifat rotik. Amy menunjukkan peraturan berikut:

  • Anda tidak akan mendengar huruf /r/ di tengah sebuah kata kecuali kata itu diikuti oleh huruf vokal atau vowel atau bunyi huruf vokal

    E.g.: WORK = /wɜ:k/

  • Anda juga tidak akan mendengar bunyi huruf /r/ pada akhir sebuah kata

    E.g.: BROTHER = /brʌðə/ or bratha

  • Ketika kita menggabungkan sebuah kata yang berakhir dengan /r/ dengan sebuah kata yang diawali oleh huruf vokal, seperti 'and', anda akan mendengar bunyi /r/

    E.g.: BROTHER AND SISTER = brotheren sister OR brother 'n' sister

Pentingnya bahasa gaul dan bahasa tidak baku

Amy mengatakan untuk membiasakan diri dengan Bahasa Inggris dan bahasa gaul Australia, kita perlu mendengar penggunaan bahasa ini sesering mungkin.

"Paparkan diri anda sesering anda bisa dengan aksen Australi," katanya — apakah itu melalui kegiatan menonton TV, mendengarkan radio atau mendengarkan percakapan warga setempat.

Beberapa anggota dari komunitas Learn English kami, yang mengatakan bahwa mereka tidak memiliki masalah dalam memahami aksen Amerika, bertanya bagaimana mereka dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang aksen Australia.

"Anda mungkin mendapati bahwa Anda banyak menonton film Amerika dan hal-hal seperti itu, jadi mungkin menjauh dari hal itu untuk sementara dan mulai melihat program di televisi, dengarkan orang... di radio dan terbiasa dengan aksen seperti itu sebisa mungkin, "kata Amy.

""Kadang-kadang suara vokal kita juga sedikit berbeda, jadi kita memiliki suara yang lebih luas," tambahnya, mengacu pada bagaimana suara diucapkan dalam bahasa Inggris Australia.

Tip lain dari Amy adalah untuk mempelajari bahasa slang Australia dan bahasa informal semampu anda.

Berikut adalah beberapa contoh bahasa informal yang digunakan di Australia:

  • "What you after?" — digunakan saat Anda ingin bertanya kepada seseorang apa yang mereka cari
  • "What time you here till?" — bentuk pendek untuk "sampai jam berapa kamu di sini?"
  • "How you going?" — berarti "apa kabar?"
  • "Not bad" — artinya baik

Hanya karena Anda tahu Bahasa gaul atau slang Australia tidak berarti Anda bisa dan mengerti bahasa gaul dari belahan dunia lain juga. Slang biasanya diasosiasikan dengan sekelompok orang, sehingga sering kali unik pada suatu tempat.

"Slang yang Anda pelajari di Australia dibandingkan dengan bahasa gaul di Inggris, dibandingkan dengan bahasa gaul di Amerika Serikat, semuanya akan sangat berbeda," kata Amy.

Learn English Hacks adalah serial Live Facebook yang menampilkan guru Australia untuk mendiskusikan tantangan yang dihadapi peserta didik dan cara mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut, Learn English Facebook page.


(Australia Plus ABC)