Tips Agar Terdengar Fasih dalam Tes Berbicara

Allison Chan, ABC Education    •    2017-10-13 06:11:10 WIB
Tips Agar Terdengar Fasih dalam Tes Berbicara
Berikut adalah nasehat dari mantan pengawas IELTS mengenai bagaimana mendemonstrasikan ujian berbicara dalam bahasa Inggris.

Pada segmen berbicara dalam tes kemahiran berbahasa Inggris, seperti IELTS, kefasihan atau kelancaran adalah bagian dari kriteria penandaan yang digunakan untuk menilai kemampuan dan kinerja para pelajar.

Seorang mantan pemeriksa tes IELTS di Australia Peter Crosthwaite, berbagi tips untuk mengembangkan dan menunjukkan kefasihan dalam tes berbicara.

Mengembangkan kefasihan

Selama tes berbicara, Anda mungkin mulai berbicara dan kemudian merasa tidak yakin dengan jawaban Anda. Peter mengatakan bahwa ternyata masih mungkin terdengar lancar dalam situasi ini.
Dengan menggunakan gerak tubuh yang tepat, penanda wacana (misal, so, well) dan pengisi (seperti umm, atau you know (Anda tahu)) adalah cara bagus untuk "mengembangkan kefasihan".

Mengelola waktu Anda selama tes

Jika tersedia waktu untuk melakukan persiapan, Peter tidak menyarankan anda untuk menuliskan jawaban anda – dalam merespon pertanyaan yang diajukan oleh pemeriksa. "Ini bukan strategi yang bagus," tegas Peter.

Peter Crosthwaite
Kelola waktu anda — sebelum dan selama — tes berbicara berlangsung sebagai cara yang penting untuk mendemonstrasi kefasihan.

Pixabay CC: Kai Truelsen

Selama tes berbicara berlangsung, Peter menganjurkan agar Anda "terus berbicara sampai pemeriksa meminta Anda berhenti berbicara."
"Ketika Anda mampu berbicara selama 2 menit, pemeriksa harus menghentikan Anda dan mereka mungkin akan mengajukan satu atau dua pertanyaan lanjutan."
Disarankan agar Anda menghindari keheningan yang canggung, jika tidak pemeriksa tidak tahu apakah Anda sudah selesai atau belum.
Jika Anda kehabisan hal untuk dibicarakan, meskipun Anda telah menjawab semua permintaannya, Peter menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri 'apa yang akan terjadi selanjutnya?' dan "karanglah apa yang terjadi selanjutnya" langsung di tempat.

Berlatih sebelum ujian

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk berlatih di rumah, sebelum ujian yang sebenarnya.
Pertama, Peter menyarankan untuk berlatih dengan pasangan.
"Strategi yang benar-benar bagus" adalah meminta seseorang untuk mulai menjawab pertanyaan latihan dan kemudian "ketika satu orang terjebak, orang lain harus masuk dan mengambil alih," demikian kata Peter.
Kedua, Anda juga bisa berlatih memberi tanggapan terhadap perintah dari pembicara sendiri.

"Pada ketiga kalinya, Anda seharusnya sudah benar-benar tahu arah pembicaraan Anda dan Anda akan bisa melihat bagaimana semua pembicaraan ini dirangkaikan dengan cara yang jauh lebih jelas."
Merekam dan mengatur waktu anda sendiri juga merupakan cara yang berguna untuk membantu Anda menjadi lebih nyaman dengan persyaratan tes berbicara.

Peter Crosthwaite
Peter Crosthwaite mengatakan mengelola kesalahan anda juga cara untuk mendemonstrasikan tingkat kefasihan.

ABC: Allison Chan

Beranjak dari kesalahanmu

Adalah hal yang biasa untuk membuat kesalahan, terutama jika Anda merasa gugup dengan tes berbicara. Peter mengatakan bahwa adalah penting untuk tetap menunjukkan kefasihan, bahkan jika Anda telah melakukan kesalahan.

"Sering kami jumpai seorang siswa akan mencoba untuk kembali dan mencoba memperbaiki kesalahan tiga atau empat kali. Ketika mereka melakukan itu, mereka telah kehilangan kelancarannya."

Learn English Hacks adalah serial siaran langsung di Facebook yang menampilkan guru-guru Australia dimana mereka berbincang mengenai tantangan yang dihadapi mereka yang mempelajari Bahasa Inggris dan bagaimana menyikapinya. Untuk informasi lebih jauh, kunjungi akun Learn English Facebook kami.


(Australia Plus ABC)