TPS ‘Drive-Through’ Diluncurkan di Queensland

Kylie Bartholomew dan Jo Skinner    •    2017-11-20 16:39:12 WIB
TPS ‘Drive-Through’ Diluncurkan di Queensland
David Meddows

Tempat Pemungutan Suara (TPS) 'drive-through' (bisa diakses dari kendaraan, layaknya restoran cepat saji) pertama di negara bagian Queensland, Australia, telah dibuka. Tentu layanan ini tersedia tanpa menu kentang goreng dan sosis.

Komisi Pemilu Queensland (ECQ) menguji cobakan layanan TPS 'drive-through' ini di pinggiran dermaga Brisbane dan di wilayah Sunshine Coast.

Direktur Pemily ECQ, Wade Lewis, mengatakan, konsep baru ini mempertimbangkan populasi Queensland yang menua dan dirancang agar pemberian suara lebih terakses bagi mereka dengan isu mobilitas, warga lanjut usia dan perawat mereka.

"Kami tahu, ide TPS ini disambut gembira oleh banyak pihak, tentu saja di kalangan kelompok pendukung disabilitas, kami banyak membicarakannya," ujar Lewis.

Aktivis disabilitas sambut baik sistem baru

Para pemilih di daerah pemiliham Noosa dan Oodgero yang mampir ke TPS 'drive-through' pada hari Senin (20/11/2017) menyambut baik inisiatif ini.

Di wilayah Noosa, desa-desa pensiunan terdekat dipenuhi warga setempat pada hari pembukaan.

Seorang pemilih bernama David Meddows mengalami patah kaki 3 pekan lalu dan berharap ia bisa memilih di taman disabilitas tapi malah dikejutkan dengan adanya konsep 'drive-through' ini.

"Saya tak mendengar tentang ini, kami hanya datang dan melihatnya," kata David seraya menambahkan bahwa keluar dari mobil untuk memberikan suara adalah hal yang butuh waktu lama.

Bill Schutt menggunakan kursi dorong setelah menjalani operasi punggung tahun lalu tapi ingin hadir ke TPS.

"Saya merasa sulit untuk berdiri dalam waktu lama...khususnya di tempat-tempat yang banyak terdapat pensiunan, saya pikir sistem ini akan menjadi ide yang sangat baik," tuturnya.

Di pinggiran dermaga Brisbane, yakni Cleveland, pujian untuk sistem baru ini berlanjut.

Bill Schutt mengatakan, memilih dari dalam mobilnya membuat proses pemberian suara jauh lebih mudah.
Bill Schutt mengatakan, memilih dari dalam mobilnya membuat proses pemberian suara jauh lebih mudah.

ABC Sunshine Coast: Kylie Bartholomew

Salah seorang perempuan membawa ibunya yang menyandang disabilitas ke TPS 'drive-through' tersebut.

"Ibu memakai kursi roda dan repot sekali untuk mengajaknya pergi dan saya -saya mengalami patah pergelangan kaki," ungkapnya.

TPS 'drive-through' bisa diekspansi

Lewis mengatakan, ECQ mengamati, pemungutan suara 'drive-through' di Australia Barat sebelum menerapkannya di Queensland.

Tempat untuk uji coba ini, yakni Gereja Baptis Clevelanf di daerah pemilihan Oodgeroo serta kampus TAFE (kejuruan) Tewantin di daerah pemilihan Noosa, dipilih secara khusus oleh ECQ sebagai lokasi yang aman bagi para staf, pemilih, dan lalu lintas.

"Di tiap fasilitas, ada satu jalur dan warga meminggirkan kendaraan mereka, seorang petugas TPS lantas menghampiri kendaraan mereka dan menandai sang pemilih, memberi mereka kertas suara," jelas Lewis.

"Mereka tentu saja minggir dan memberi pemilih privasi untuk memberikan suara sambil duduk dalam mobil mereka dan kemudian petugas menyodorkan kotak suara dan pemilih bisa memasukkan kertas suaranya di kotak itu lalu melanjutkan perjalanan."

Para pemilih di TPS ‘drive through’ diberi papan informasi tentang cara memilih jika diminta
Para pemilih di TPS ‘drive through’ diberi papan informasi tentang cara memilih jika diminta.

ABC Sunshine Coast: Kylie Bartholomew

Ia mengatakan, kemungkinan masih ada relawan partai yang bertugas di tempat 'drive-through' membawa papan informasi berisi tentang bagaimana cara memilih, meski demikian aksesnya bisa saja lebih sulit.

Lewis mengatakan, uji coba ini akan dievaluasi setelah Pemilu dan bergantung pada hasilnya. Sistem ini bisa saja diberlakukan lebih luas dalam Pemilu Queensland selanjutnya.

TPS 'drive-through' tersebut akan resmi dibuka pekan ini hingga pukul 6 sore pada hari Pemilu yakni tanggal 25 November.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.


(Australia Plus ABC)