Kisruh Politisi Berkewarganegaraan Ganda

Henry Belot dan Matthew Doran    •    2017-11-22 19:16:48 WIB
Kisruh Politisi Berkewarganegaraan Ganda
Senator Australia Selatan Skye Kakoschke-Moore mengumumkan pengunduran dirinya dari senat karena memiliki kewarganegaraan ganda yang didapatkan dari ibunya.

Senator Australia Selatan, Skye Kakoschke-Moore, mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri dari Senat setelah dia mengetahui bahwa dia memiliki kewarganegaraan Inggris dari ibunya.

Ibu dari anggota tim senator Nick Xenophon ini lahir di Singapura pada tahun 1957 dari orang tua berkewarganegaraan Inggris.
Ibunya bermigrasi ke Australia bersama keluarganya pada tahun 1970 dan Skye lahir di Darwin pada tahun 1985.
Dia mengatakan, sebelumnya dia telah meminta keterangan apakah dia berkewarganegaraan ganda, tapi ternyata keterangan yang didapatnya tidak benar.
"Saat saya masih berusia 12 tahun dan tinggal di Oman, ayah saya mengajukan pertanyaan ke kedutaan besar Inggris di sana untuk menentukan apakah saya memenuhi syarat untuk mendapatkan paspor Inggris," katanya.
"Kami diberitahu bahwa saya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan paspor karena saya tidak memenuhi syarat untuk kewarganegaraan Inggris.”
"Kami tidak punya alasan untuk meragukan bahwa nasehat itu tidak benar."
Senator Kakoschke-Moore mengatakan, dirinya kembali mencari klarifikasi dari Departemen Dalam Negeri  Inggris pada hari Jumat (17/11/2017) lalu sebagai bagian dari aturan pengungkapan kewarganegaraan yang diumumkan oleh Perdana Menteri Malcolm Turnbull.
"Saran mereka sangat mengejutkan saya," katanya.

Ketika Singapura mencapai kemerdekaan, ibu Senator Kakoschke-Moore kemudian memperoleh hak untuk tinggal di Inggris.
"Oleh karena itu dia bisa meneruskan kewarganegaraannya kepada anak-anak yang lahir di luar Inggris," kata Senator Kakoschke-Moore.
"Karena itu saya adalah warga negara Inggris."
Dia mengatakan bahwa dia tidak percaya bahwa dirinya adalah warga negara ganda sampai hari Jumat (17/11/2017) dan semua informasi yang tersedia secara daring menunjukkan bahwa dia bukan orang yang memiliki dua kewarganegaraan.

Skye Kakoschke-Moore
Senator Skye Kakoschke-Moore menjadi politisi terakhir yang dikeluarkan dari parlemen karena isu kewarganegaraan ganda.

ABC News: Matt Roberts

'Ini bukan akhir dari karir saya'

Senator Kakoschke-Moore mengatakan bahwa dirinya ingin kembali ke Parlemen Federal pada suatu tahap, namun batal untuk mencalonkan diri di Parlemen Australia Selatan.
"Saya selalu menyukai Senat, di situlah gairah saya dan pada tahap ini, disitulah ambisi saya tertambat," katanya.
Dalam pidatonya yang emosional, dia mengatakan bahwa dia bangga terhadap pekerjaannya di Satuan Respon Pelecehan (Defense Abuse Response Taskforce) dan terhadap para veteran.

Dia juga memperkenalkan undang-undang untuk membuat tindakan pemangsa yang berbohong mengenai usia mereka kepada anak-anak -dalam upaya untuk bertemu anak-anak itu, atau yang dikenal sebagai hukum Carly, menjadi ilegal.

"Saya memiliki urusan yang belum selesai, sejauh yang saya perhatikan, dalam rangka memajukan agenda politik kita.”
"Ini bukan akhir karir politik saya."

Penggantian Kakoschke-Moore di Senat tidak jelas

Dalam penghitungan ulang suara Senat negara bagian, ada perdebatan mengenai apakah mantan kandidat NXT, Tim Storer, dapat mengambil posisi Senator Kakoschke-Moore.
Bulan lalu, pendiri partai, Nick Xenophon, menunjuk penasihat seniornya, Rex Patrick sebagai penggantinya di Senat.

Rex Patrick dengan bukti kewarganegaraan Australia
Rex Patrick menggantikan Nick Xenophon di senat setelah dia pindah ke politik negara bagian.

ABC News: Nick Harmsen

Tim Storer keberatan dengan langkah itu, dengan alasan bahwa posisi yang ditingalkan  Senator Kakoschke-Moore seharusnya menjadi miliknya.
Namun, Parlemen Negara Bagian Australia Selatan kini mengonfirmasi Senator Rex Patrick sebagai perwakilan partai berikutnya di Canberra.
Nick  Xenophon menggambarkan Storer sebagai "orang baik" meski digagalkan, namun mengatakan ada masalah dengan Tim Storer untuk bergabung dengan Senat karena dia bukan lagi anggota partai tersebut.

Konstitusi Australia
Ada 5 kategori di pasal 44 yang menetapkan siapa yang layak mengabdikan diri di perlemen federal dan siapa yang tidak.

ABC News: Jed Cooper


"Saran awal kami adalah bahwa ada beberapa masalah hukum yang penting dan ini adalah wilayah hukum yang belum ditentukan," kata Nick  Xenophon.

Nick Xenophon ditanya apakah dia menyarankan agar partainya bisa memilih kursi Senator Kakoschke-Moore.
"Itu salah satu argumen tapi masih sangat awal," katanya.
"Selain mengatakan saran hukum awal dari tim hukum yang sama yang mewakili saya di Pengadilan Tinggi dengan sukses adalah ada beberapa prinsip hukum penting yang belum diuji.”
"Mengatakan sesuatu lebih dari itu hanya akan menjadi spekulasi belaka."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.


(Australia Plus ABC)