Kincir Angin Terbesar di Australia Dibangun di NSW

Declan Gooch    •    2017-12-07 19:41:11 WIB
Kincir Angin Terbesar di Australia Dibangun di NSW
Pisau turbin untuk peternakan angin di Silverton dibawa di sepanjang Jalan Raya Barrier dari Adelaide.

Kincir angin terbesar yang pernah diangkut di Australia telah dikirim ke lokasi pembangkit listrik tenaga angin yang direncanakan akan dibangun di barat negara bagian New South Wales (NSW).

Dua kincir angin sepanjang 65 meter itu diangkut dari Port Adelaide di Australia Selatan ke Silverton, dekat Broken Hill, yang berlangsung selama sekitar 12 jam pada hari Rabu (6/12/2017).

Mereka dikirim menuju proyek pembangkit listrik tenaga angin di Silverton -milik salah satu perusahaan listrik AGL -sebuah proyek pembangunan senilai $ 460 juta atau setara Rp 4,6 triliun yang akan menghadirkan 58 kincir angin yang dibangun di Range Barrier yang terletak di dekat kota tersebut.

Proyek ini dijadwalkan selesai tahun 2018.

Pisau turbin angin Silverton
Salah satu pisau turbin untuk pertanian angin Silverton sedang melalui persimpangan Adelaide dalam perjalanan ke Broken Hill.

Disediakan: AGL

Manajer proyek AGL, Adam Mackett, mengatakan bahwa perjalanan sejauh 530 km telah membutuhkan banyak perencanaan, dan juga beberapa perbaikan jalan.

"Ketika Anda berbicara tentang mengantarkan kincir angin sepanjang 65 meter, Anda bisa membayangkan ada belokan dan lekukan ketat yang perlu dinegosiasikan, dan beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan pada masing-masing lokasi [yang dilewati pisau ini]," kata Mackett.

"Masyarakat yang tinggal di Silverton akan terbiasa dengan apa yang telah kami lakukan di dekat kotanya, dan kami harus memperhatikan jenis geometri dan isu yang sama di luar kota saat mereka tiba dari Port Adelaide."

Sebuah jalan baru dibangun untuk memungkinkan truk-truk melewati perbukitan Broken Hill, yang mana tanpa jalan tersebut mereka harus menegosiasikan sebuah jalan melingkar yang sempit.”

Pisau turbin untuk peternakan Silverton tiba di Broken Hill
Truk membuat tikungan lembut dari Barrier Highway ke jalan pintas khusus yang dibangun ke Silverton.

ABC Broken Hill: Sarah McConn

Adam Mackett mengatakan, pengiriman kincir angin pertama itu menandai dimulainya serangkaian pengiriman besar yang akan berlangsung selama berbulan-bulan.

"Anda akan melihat beberapa trailer berukuran menengah dengan hanya beberapa derek utama saja. Ada beberapa bagian menara yang juga akan melewati jalur ini," katanya.

"Akan ada beberapa pengiriman lagi sebelum Natal, [dan] biasanya di awal Tahun Baru, Anda akan mulai melihat pengiriman ini secara teratur.”

"Akan ada pengiriman yang relatif konstan mulai awal tahun baru sampai Mei."

Proyek ini mengalami beberapa penentangan di kawasan Silverton, di mana para penduduk khawatir akan dampaknya pada pariwisata, jalan-jalan di daerah setempat dan pasokan air.

AGL menjanjikan beberapa kompensasi untuk masyarakat, termasuk panel surya rumahan untuk setiap kepala keluarga dan upaya untuk memperbaiki penerimaan sinyal ponsel.

Landasan peternakan angin Silverton
Yayasan dituangkan untuk salah satu dari 58 turbin di peternakan angin Silverton.

Supplied: AGL

Pembangkit listrik tenaga angin yang terletak sekitar 20 km di barat laut kota Broken Hill, telah diagendakan pembangunannya sejak tahun 2008.

Komponen-komponen untuk turbin General Electric sedang diproduksi di Jerman, Spanyol dan Korea.

Proyek ini membutuhkan saluran transmisi dan gardu induk baru yang akan dibangun untuk mengatasi penambahan tenaga yang dikirim ke Broken Hill.

Proyek pembangkit listrik tenaga angin ini dimiliki oleh Powerspelling Renewables Fund yang dikelola oleh AGL.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.


(Australia Plus ABC)