Pupuk Indonesia Rayakan Kemerdekaan RI di Tapal Batas

M Studio    •    Jumat, 17 Aug 2018 10:59 WIB
pupuk indonesia
Pupuk Indonesia Rayakan Kemerdekaan RI di Tapal Batas
PT Pupuk Indonesia (Persero) mengadakan upacara HUT ke-73 RI di Pulau Sebatik dan menyerahkan bantuan senilai total Rp325 juta (Foto:Dok.Pupuk Indonesia)

Jakarta: Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia digelar di perbatasan RI dan Malaysia, tepatnya di Pulau Sebatik. Upacara yang diselenggarakan oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai bentuk penugasan dari Kementerian BUMN dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) itu berlangsung khidmat. 

Upacara diadakan di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara pada Jumat, 19 Agustus 2018. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat.

Turut hadir pada upacara di Pulau Sebatik tersebut jajaran Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero), jajaran Direksi PT Pupuk Kalimantan Timur, masyarakat, serta pelajar Pulau Sebatik.  Juga tampak Dandim dan Tim KSPP I Kementerian BUMN.

"Pupuk Indonesia hadir di Kalimantan Utara dalam rangka program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi Kementerian BUMN. Kegiatan yang diselenggarakan di seluruh Indonesia ini diadakan guna memajukan perekonomian daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menunjukkan bahwa BUMN hadir pada segala aspek kehidupan masyarakat,” kata Aas dalam petikan siaran persnya.

Dalam upacara tersebut, Pupuk Indonesia menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat Pulau Sebatik senilai total Rp325 juta, dengan rincian renovasi sekolah SD 005 Kecamatan Sebatik Rp220 juta, bantuan buku Rp80 juta, dan bantuan tempat sampah senilai Rp25 juta. Pupuk Indonesia juga mengadakan kegiatan jalan sehat 5K, Pameran UMKM, dan berbagai lomba rakyat yang menghadirkan konser musik dan kuliner gratis.

"Kami merasa bahwa Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini sangat positif dan tentunya berharap untuk dapat terus berlanjut, karena manfaatnya bisa dirasakan masyarakat secara langsung. Sebab, sebagai BUMN peran kami tidak saja hanya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya, namun juga untuk membangun negeri dan menyejahterakan masyarakat,” ujar Aas.

Di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, dipenuhi 5 ribu masyarakat yang antusias mengikuti senam jantung sehat dan jalan sehat 5K.  Jalan sehat dibuka oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Aas Asikin Idat dan rombongan Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero). Jalan sehat berakhir di wilayah tapal batas yaitu Patok Tiga, Pulau Sebatik.

Pupuk Indonesia dalam penugasannya untuk program BUMN Hadir Untuk Negeri telah melaksanakan berbagai program, meliputi program Mudik Gratis yang telah dilaksanakan pada Lebaran 2018, Peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal), dan BUMN Hadir di Kampus yang akan dilaksanakan pada Oktober, dan Konservasi Badak. 

Pupuk Indonesia juga mengadakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengirimkan 23 siswa berprestasi dari DKI Jakarta ke Kalimantan Utara untuk mempelajari budaya dan mengenal keberagaman Nusantara melalui berbagai kunjungan ke Museum, Konservasi Mangrove dan Bekantan, dan Rumah Kreatif BUMN yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Tidak hanya itu, mereka juga menjalani program 2 Hari Bersama TNI untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air peserta SMN.
 





(ROS)