Wilayah Perbatasan di Sulut Diwaspadai

Farida Noris, Mulyadi Pontororing    •    Senin, 14 May 2018 23:31 WIB
Teror Bom di Surabaya
Wilayah Perbatasan di Sulut Diwaspadai
Polisi bersiaga di sekitar Gereja Santa Maria Tak Bercela Surabaya setelah bom meledak, Minggu 13 Mei 2018, Ant - M Risyal Hidayat

Manado: Polisi meningkatkan pengamanan di wilayah perbatasan di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Wilayah itu merupakan perbatasan antara Filipina dengan Indonesia.

Peningkatan pengamanan oleh personel gabungan TNI-Polri ini dilakukan sejak Senin, 14 Mei 2018. Hal tersebut guna  mengantisipasi masuknya kelompok teroris melalui wilayah perbatasan di  Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dandim 1312/Talaud, Letkol (Armed) Gregorius Eka Setiawan mengatakan, peningkatan pengamanan adalah upaya menjaga situasi agar tetap kondusif.

“Sekaligus menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan, termasuk mengantisipasi provokasi oknum tidak bertanggungjawab,” jelasnya.

Kondisi keamanan di Kepulauan Talaud, lanjutnya, saat ini terbilang kondusif. Aparat keamanan telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengendalikan situasi keamanan dan menjaga pintu perbatasan.

Dia pun mengimbau warga agar tidak takut, jangan panik dan jangan terprovokasi. “Pengamanan terus digalakkan aparat TNI-Polri,” tambahnya.

Sementara itu Kapolres Talaud AKBP M. Denny Situmorang mengatakan, jajarannya telah memperketat pengamanan di Miangas, Nanusa serta sejumlah gereja. “Kami minta warga meningkatkan kewaspadaan. Segera melaporkan ke aparat keamanan jika menemukan hal-hal yang mencurigakan,” pintanya.

Sinergitas TNI-Polri, tambah Kapolres, merupakan kekuatan untuk melaksanakan tugas dalam menjaga keamanan wilayah. “Sinergitas, soliditas dan koordinasi yang baik ini terus kita pertahankan demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” tandasnya.

Polda Sumut pun memberlakukan status Siaga 1 setelah bom meledak di Surabaya, Jawa Timur. Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw menginstruksikan seluruh kapolres meningkatkan pengamanan di wilayah masing-masing.

"Untuk mengantisipasi kejadian kemarin di Mako Brimob dan Surabaya secara beruntut, sehingga kami berlakukan siaga 1 mulai tadi malam," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpau usai pertemuan dengan tokoh-tokoh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di Medan, Senin 14 Mei 2018.

Paulus mengingatkan polisi tak sendirian saat bertugas. Polisi diminta tetap mengikuti arahan dari atasan masing-masing.

Pengamanan juga ditingkatkan di rumah-rumah ibadah di Sumut, markas komando kepolisian, termasuk perumahan, mall, tempat hiburan dan tempat keramaian lainnya.



(RRN)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

39 minutes Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA