Komitmen Terapkan Pembangunan Hijau, Kaltim Rilis GGC

Anggi Tondi Martaon    •    Minggu, 25 Dec 2016 12:00 WIB
berita kaltim
Komitmen Terapkan Pembangunan Hijau, Kaltim Rilis GGC
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak (Foto:Humas Pemprov Kaltim)

Metrotvnews.com, Samarinda: Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) serius menerapkan dan melaksanakan pembangunan hijau berwawasan melestarikan lingkungan. Komitmen tersebut diperkuat dengan launching Green Growth Compact (GGC).

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan, GGC merupakan sebuah komitmen yang dibentuk dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk mendorong pembangunan hijau, sehingga kepentingan ekonomi dan pelestarian lingkungan dapat dilakukan dengan seimbang.

"Komitmen Pemprov Kaltim sangat besar dalam pengendalian dan perlindungan hutan, serta pelestarian lingkungan hidup," kata Awang.

Awang mengungkapkan, salah satu bentuk nyata komitmen Kaltim mewujudkan GGC yaitu Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 17 Tahun 2015. Pergub ini mengatur tentang moratorium pemberian izin bagi pertambangan, perkebunan, dan kehutanan.

"Inilah komitmen kita untuk melindungi hutan Kaltim agar tetap hijau dan lestari," ucap Awang.

Awang berharap kegiatan ini mendapatkan dukungan semua pihak. Sebab, saat ini, dokumen masterplan perubahan iklim Kaltim masih perlu penyempurnaan.

"Sehubungan dengan itu, diminta Dewan Daerah Perubahan Iklim Kaltim bersama dengan TNC serta lembaga-lembaga lainnya untuk bekerja keras menyempurnakan masteplan perubahan iklim agar lebih baik," ucap Awang.

Awang juga berharap, draf dan masukan perubahan iklim Kaltim bisa segera dikirimkan ke DPRD Kaltim agar dapat dilakukan penguatan dengan peraturan daerah.

"Masterplan perubahan iklim Kaltim sangat diperlukan karena kita berharap tetap mendapat dukungan semua pihak. Ini akan menjadi pegangan semua pejabat dan semua stakeholders di Kaltim dalam mewujudkan Kaltim Hijau yang kita idam-idamkan bersama," kata Awang.


(ROS)