Bencana Palu dan Donggala

Angkutan Umum Layani Penumpang dengan Gratis

Antara    •    Minggu, 07 Oct 2018 10:09 WIB
Gempa Donggala
Angkutan Umum Layani Penumpang dengan Gratis
Angkutan mobil antarkota beroperasi di Palu, Minggu 7 Oktober 2018, Ant - Genta Tenri Mawangi

Palu: Angkutan umum mulai beroperasi kembali di Palu, Sulawesi Tengah. Angkutan melayani penumpang dengan gratis.

Bustoni, 45, sopir angkutan antarkota, mengaku mengantar penumpang sejak dua hari lalu. Rute utama yang ia lalui yaitu Palu menuju Poso.

"Saya sudah mengantar penumpang sejak Jumat kemarin. Per hari, selalu penuh sekitar 8 sampai 10 penumpang," kata Bustoni di Palu, Minggu, 7 Oktober 2018.

Rata-rata penumpang ingin mengungsi ke rumah kerabatnya di Poso. Mungkin, ujar Bustoni, mereka ingin lebih tenang di Poso meskipun listrik dan pasar sudah buka di Palu.

Bustoni mengaku tak menarik ongkos. "Lagi musibah. Paling patungan beli bahan bakar saja. Normalnya satu kali jalan tarifnya Rp80 ribu," kata Bustoni.

Agen bus dan perjalanan Medi Suka Laksana (MSL) yang bermarkas di Jalan Sam Ratulangi pun telah membuka layanan angkutan dan barang. Sodiq, Manajer MSL, mengatakan tak mengenakan tarif ke penumpang.

"Kami melayani rute Kota Palu, Kabupaten Poso, Morowali, Ampana, dan Manado. Sejak Jumat 8 Oktober 2018, ada sekitar 3.972 penumpang yang mendaftar," ujar Sodiq.

Memang, ujar Sodiq, bahan bakar minyak masih sulit didapat. Tapi MSL tetap melayani penumpang dengan mengambil bahan bakar di Poso.

"Tapi saat ini lebih mudah mendapat bahan bakar," lanjut Sodiq.

Gempa dan tsunami menghantam Kota Palu, Sigi, Parigi Moutong, serta Donggala pada JUmat, 28 September 2018. Hingga berita ini dimuat, jumlah korban tewas mencapai 1.649 orang. Lebih 70 ribu warga bertahan di pengungsian.


(RRN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA