Ratusan Warga Tangsel Jalani Operasi Katarak Gratis

Farhan Dwitama    •    Minggu, 26 Feb 2017 14:24 WIB
katarak
Ratusan Warga Tangsel Jalani Operasi Katarak Gratis
Sebanyak 128 warga Tangerang Selatan menjalani operasi katarak gratis di RSUD Tangerang Selatan -- MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Sebanyak 128 warga Tangerang Selatan menjalani operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan. Operasi tersebut dilakukan 15 dokter mata dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dengan dukungan salah satu bank swasta.

Sebelum dilakukan operasi, calon pasien mengikuti serangkaian pemeriksan. "Ada juga yang kita tolak karena tekanan darahnya sangat rendah atau tinggi sekali. Ada juga yang matanya kurang matang," kata Tini, perwakilan managemen RSUD Tangsel, Minggu, 26 Februari 2017.

Direktur Utama RSUD Tangsel Suhara Manulang menjelaskan, katarak adalah salah satu penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia dan dunia. Data dari Kementerian Kesehatan, setiap tahunnya ada 0,1 persen penderita buta katarak atau 250 ribu orang per tahun.

"Salah satu yang berdampak pada produktifitas sosial itu kebutaan. Operasi katarak gratis ini tentu bisa kembali meningkatkan produktifitas dan kehidupan sosial pasien," tutur Suhara.


(NIN)