Pembunuhan Kim Jong-nam

Siti Aisyah Sempat Pulang ke Serang

Batur Parisi    •    Jumat, 17 Feb 2017 18:57 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Siti Aisyah Sempat Pulang ke Serang
Rumah Siti Aisyah, perempuan diduga pembunuh Kim Jong-nam di Malaysia, Ant - Rivan Awal Lingga

Metrotvnews.com, Serang: Siti Aisyah sempat pulang ke rumah ibunya di Kampung Rancasumur, Kecamatan Pabuaran, Serang, Banten. Siti merupakan satu dari dua perempuan yang diduga membunuh Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

A, kerabat Siti, mengatakan, Siti pulang ke Serang pada 21 Januari 2017. Siti menengok keluarga di Serang. Setelah itu Siti ke Jakarta untuk menengok anaknya.

"Waktu itu sempat pulang ke sini. Pas Imlek dia ke Jakarta, ke rumah besan nengok anaknya," kata A di Serang, Jumat 17 Februari 2017.

A mengaku Siti kerap mengirimi uang pada ibunya, namun tidak setiap bulan. A mengatakan, Siti mengaku berjualan pakaian di Batam, Kepulauan Riau. Lantaran itu, A tak menyangka Siti terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam.

"Saya pikir dia ke Malaysia jalan-jalan doang," paparnya. 

A menilai Siti terbilang berani. Saat berangkat ke Batam, Siti tak ditemani satu kerabat pun.

"Dia juga bisa bahasa Inggris," pungkasnya.


(Foto Siti Aisyah, dok: istimewa)

Kim Jong-nam meninggal di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin 13 Februari 2017. Diduga, saudara tiri Kim Jong-un itu, tewas diracun.

Hasil rekaman kamera CCTV menunjukkan dua perempuan berada di dekat Kim Jong-nam saat kejadian. Satu perempuan bernama Siti Aisyah yang memiliki paspor Indonesia. Seorang lain, yaitu perempuan berpaspor Vietnam dengan nama Doan Thi Huong

Sebelum Kim Jong-nam meninggal, rekaman CCTV bandara juga menunjukkan dua perempuan tersebut berkomunikasi dengan empat pria. Mereka tampak asyik memainkan sebuah alat semprot. 

Kepolisian Malaysia menyebutkan cairan dari alat semprot itu yang menyebabkan kematian Kim Jong-nam. Polisi lalu membekuk dua perempuan tersebut.

Siti dibekuk pada Kamis 16 Februari 2017, pukul 02.00 waktu setempat. Hingga kini, polisi Malaysia memburu empat pria yang yang tampak dalam rekaman CCTV.

Baca: Salah Satu Terduga Pembunuh Kakak Tiri Kim Jong-Un Berpaspor Indonesia


Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menduga Siti adalah korban dalam kasus tersebut. Dugaan Kalla itu sesuai dengan informasi dari beberapa pihak yang menangani kasus itu.

Baca: Jika Aisyah Korban, Pemerintah akan Beri Bantuan Hukum

Kalla curiga, Siti dijebak agar memberikan sesuatu kepada Kim Jong-nam, ternyata benda yang ia berikan tersebut racun. Bila Siti terbukti hanya korban rekayasa dari pembunuhan itu, Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla mengatakan pemerintah akan membelanya.

"Kalau pasti (korban), kedutaan kita sudah bergerak untuk membela, apabila memang dia korban," kata Wapres Kalla di Kantor Wakil Presiden di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Lihat video:
 


(RRN)

Jakarta Kembali ke Titik Nol

Jakarta Kembali ke Titik Nol

5 hours Ago

Di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, bangunan liar permanen dan semipermanen kembal…

BERITA LAINNYA