Belajar Budaya Tionghoa di Klenteng Xian Ma

Muhammad Syawaluddin    •    Selasa, 05 Feb 2019 14:22 WIB
imlek
Belajar Budaya Tionghoa di Klenteng Xian Ma
Salah Satu warga Keturunan Tionghoa saat melakukan Ibadah di Klenteng Xian Ma, Makassar, Selasa 5 Februari 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin

Makassar: Klenteng Xian Ma terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan, tidak hanya diramaikan oleh warga keturunan Tionghoa. Masyarakat Makassar yang ingin tahu tentang Imlek juga berdatangan.

"Saya datang kesini untuk mengambil gambar perayaan Imlek," kata, salah satu pengunjung, Miftah, di Klenteng Xian Ma, 5 Februari 2019.

Mifta mengunjungi klenteng terbesar di Kota Makassar juga untuk belajar budaya, tradisi, dan cara masyarakat Tionghoa. Selain rasa ingin tahu, dia juga mendapat tugas kuliah untuk mengabadikan perayaan Imlek lewat video.

Humas Klenteng Xian Ma Robbyanto mengatakan perayaan Imlek terbuka untuk masyarakat umum yang ingin berbagi kebahagiaan dan suka cita. Tak hanya untuk keturunan Tionghoa.

"Saudara-saudara kita banyak yang datang, karena mereka ingin tahu tradisinya orang keturunan. Di Makassar toleransi sangat besar, Imlek sama dengan pesta rakyat," katanya.

Masyarakat keturunan Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek 2570 dengan beberapa kali bersembahyang sebagai tanda rasa syukur. Antara lain saat malam pergantian tahun Senin, 4 Februari 2019, dan dilanjutkan pada Selasa, 5 Februari 2019.

Ibadah Sembahyang Tinggi digelar pada 12 Februari, sebelum mencapai puncaknya pada Cap Go Meh, 15 hari setelah tahun baru, tepatnya 19 Februari 2019.

Dari pantauan, sejumlah warga mengunjungi Klenteng Xian Ma, mereka datang dari berbagai kalangan dan agama. Ada sekedar berfoto maupun ingin mengetahui budaya masyarakat Tionghoa.


(SUR)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA