Presiden: Semua Anak Indonesia Harus Sekolah

M Sholahadhin Azhar    •    Sabtu, 17 Jun 2017 08:38 WIB
presiden jokowi
Presiden: Semua Anak Indonesia Harus Sekolah
Presiden Joko Widodo saat saat penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP Negeri 2 Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Jumat 16 Juni 2017. Foto: Istimewa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menginginkan semua anak Indonesia mendapat kesempatan untuk bersekolah. Sebab ke depan kompetisi dunia internasional akan semakin ketat, maka dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam menghadapi tantangan.

"Pemerintah ingin, kita ingin semua bisa sekolah," kata Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP Negeri 2 Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Jumat 16 Juni 2017.

Sebanyak 1.230 Kartu Indonesia Pintar (KIP) dibagikan pada siswa SD, SMP, SMA dan SMK dan juga Paket B serta C dalam kesempatan itu. Dengan kartu ini, negara menjamin dan memastikan generasi muda dari keluarga kurang mampu menikmati pendidikan di sekolah hingga lulus SMA, SMK atau MA.

Untuk diketahui, besarnya bantuan yang diberikan melalui KIP berbeda-beda tergantung tingkatan. Siswa SD misalnya, mendapatkan bantuan Rp450 ribu, sementara siswa SMP menerima Rp750 ribu dan siswa SMA/SMK mendapatkan Rp1 juta.

Presiden mengingatkan para pelajar agar menggunakan dana bantuan KIP untuk keperluan pendidikan, seperti membeli sepatu, tas, buku. "Pulsa boleh? Tidak boleh! Kalau ketahuan kartunya dicabut, ini janjian kita," kata Presiden Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini juga mengingatkan para siswa agar tak menyia-nyiakan kesempatan pendidikan layak. Mereka harus tekun belajar agar bisa memenangkan persaingan di masa mendatang.

Seperti biasa, dalam acara serupa Presiden kerap berbagi sepeda pada para murid yang hadir. Jika biasanya Presiden memberikan pertanyaan tentang Pancasila, nama-nama pulau, kota, kabupaten namun kali ini berbeda. Murid diminta menunjukkan keahliannya.

Maka tampillah, Haya Rajua Sahita membacakan puisi serta Muhammad Ikmal Akbar dan Alfadena Krisnamukti yang menampilkan atraksi pencak silat.

Dalam acara itu turut mendampingi Presiden, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dari Banjarnegara, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Wonosobo dengan berkendaraan mobil.


(DEN)

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

23 minutes Ago

KPK menegaskan sudah bertindak sesuai prosedur terhadap Setya Novanto. 

BERITA LAINNYA