Buruknya Pelayanan RSUD Tangsel

Farhan Dwitama    •    Selasa, 18 Apr 2017 11:00 WIB
rsud
Buruknya Pelayanan RSUD Tangsel
Gedung 2 RSUD Tangerang Selatan yang terkendala persoalan hukum -- MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Buruknya pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan dikeluhkan warga. Pelayanan rawat inap dan poliklinik disebut masih jauh dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tangsel yang digaungkan menjadi `Kota Cerdas, Modern, dan Religius`.

Bahkan, anggota Komisi II DPRD Tangsel menyebut RPJMD Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany jauh panggang dari api. "Prioritas RPJMD pasangan Airin-Ben untuk lima tahun adalah peningkatan akses pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Namun, melihat kenyataan pelayanan di RSUD ini, masih sangat jauh," kata dia, Selasa, 18 April 2017.

Eeng mengatakan, pihaknya beberapa kali mendapat laporan masyarakat terkait buruknya pelayanan RSUD Tangsel. "Saya pun melakukan sidak ke RSUD pekan lalu. Hasilnya, keluhan masyarakat diakui managemen rumah sakit," ucap dia.

Selain buruknya pelayanan, Eeng juga menyoroti keterbatasan ruang rawat inap. Sehingga, seringa terjadi penolakan pasien.

"Ruang rawat inap kami terbatas, karena baru ada 121 tempat tidur. Sementara, setiap hari ada ratusan pasien datang," terang Dirut RSUD Tangsel Suhara Manulang.

Jika suatu penyakit sedang mewabah, lanjut Suhara, pihaknya terpaksa merawat pasien di atas kursi roda atau di luar kamar rawat inap. "Jadi, bukan kami tidak mau melayani pasien," tambahnya.


Pasien di RSUD Tangsel -- MTVN/Farhan Dwitama

Menurut Suhara, saat ini RSUD Tangsel sedikit bisa bernafas lega karena diberikan kewenangan menggunakan lantai satu dan lima di gedung yang sedang dalam proses hukum. "Dengan status pinjam pakai," jelas dia.

Suhara berharap, proyek pembangunan gedung 2 RSUD segera dilanjutkan. Jika gedung 2 RSUD Tangsel selesai, akan ada tambahan sekitar 200 tempat tidur untuk rawat inap. Tenaga medis otomatis juga akan bertambah.

"Sambil menunggu itu berproses, kami harapkan juga gedung 3 bisa berjalan," pungkas Suhara.


(NIN)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

31 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA