Basarnas Manado Patroli Amankan Jalur Mudik

Mulyadi Pontororing    •    Jumat, 08 Jun 2018 14:13 WIB
Mudik Lebaran 2018
Basarnas Manado Patroli Amankan Jalur Mudik
Apel siaga Basarnas Manado, Jumat, 8 Juni 2018, di Minahasa Utara, Sulawedi Utara.

Manado: Badan Pencarian dan Pertolongan Basarnas Manado, Sulawesi Utara bakal berpatroli di jalur-jalur pemudik. Patroli dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat mudik Idulfitri hingga arus balik.

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Basarnas Manado M. Arifin mengatakan saat ini beberapa pos SAR seperti di Tahuna, Amurang, dan Kotamobagu sudah dilengkapi peralatan untuk mendukung pengamanan arus mudik nanti.

"Setiap pos nantinya berisi 92 personel serta menyiagakan Kapal Negara SAR Bima Sena dan penerjun payung," kata Arifin usai apel siaga di kantornya, Jumat, 8 Juni 2018.

Dia menuturkan, untuk pengamanan lebaran ini, pihaknya akan fokus kepada potensi-potensi terjadinya kecelakaan selama arus mudik dan arus balik.

"SAR harus siap siaga pada masa lebaran, mengingat tingginya volume arus mobilisasi masyarakat dan moda transportasi darat, laut, dan udara," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Arifin, pihaknya akan melakukan berpatroli di jalur-jalur yang akan dilalui para pemudik. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti kepolisian dan pemerintah daerah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat mudik nanti.

"Basarnas akan selalu siap 24 jam. Namun wilayah kerja yang luas baik lautan, daratan, dan penerbangan sehingga Basarnas tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari instansi lainnya," ujarnya.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarajat untuk menghubungi pusat bantuan Basarnas Manado di nomor (0438) 52189 atau Humas Basarnas di 082187123778, jika ada hal-hal yang membahayakan.


(ALB)