Disdikbud Tangsel Sadar Sekolah Negeri Belum Merata

Farhan Dwitama    •    Kamis, 12 Jul 2018 09:42 WIB
pendidikan
Disdikbud Tangsel Sadar Sekolah Negeri Belum Merata
Calon siswa mengikuti pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring (online) Antara/Maulana Surya

Tangerang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Tangerang Selatan, Banten, mengakui sekolah negeri di wilayahnya belum merata. Siswa berebut kursi di 22 sekolah negeri dari total 180 sekolah di Tangsel.

"Tentu tak akan mampu menampung semua lulusan SD saat ini yang berjumlah 20 ribu lebih," kata Kepala Bidang SMP Disdikbud, Muslim Nur, Kamis, 12 Juli 2018.

Dari komposisi jumlah Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, lanjut Muslim, kota Tangsel memiliki 150 lebih sekolah dasar negeri dan 300-an sekolah dasar swasta.

Diungkapkan Muslim, pihaknya dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) menargetkan tambahan dua sekolah SMP baru hingga 2021.

"Dalam RPJMD rencana penambahan itu ada, memang kami sedang mencari lahannya," kata Muslim.

Dia berharap masyarakat yang tidak tertampung di sekolah negeri bisa bersekolah di sekolah swasta.

"Sekolah swasta kita banyak, bagus-bagus juga dan masih terjangkau, kalau sekolah kelas menengah juga ada tapi tidak banyak hanya 10 persen," kata dia.

Lokasi tak merata

Dia juga mengakui 22 SMP negeri yang ada lokasinya belum merata untuk mewakili tujuh wilayah zona kecamatan se-kota Tangsel.

Berdasarkan catatannya, di Kecamatan Ciputat baru ada satu SMP negeri, di kecamatan lain ada tiga sampai empat sekolah negeri.

"Maka kalau mau ditambah, kami akan carikan untuk kecamatan Ciputat," kata dia.


(SUR)