Stok Pangan Sulselbar Aman Hingga Dua Tahun

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 18 Apr 2017 13:57 WIB
stok beras
Stok Pangan Sulselbar Aman Hingga Dua Tahun
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Makassar: Divisi Perum Bulog Sulawesi Selatan dan Barat mengklaim stok beras di wilayahnya mencapai 194 ribu ton. Jumlah tersebut dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 23 bulan ke depan.

"Penyaluran rata-rata tujuh hingga delapan ribu ton per bulan. Jangankan untuk Ramadan dan lebaran besok, untuk dua tahun saja cukup banyak," kata Kepala Divisi Perum Bulog Sulselbar Dindin Syamsudin, saat konferensi pers di Makassar, Sulsel, Selasa 18 April 2017.

Selain beras, Dindin juga menyebut stok gula Sulselbar melimpah, jumlahnya mencapai 26 ribu ton. Jumlah itu juga mencukupi kebutuhan penyaluran hingga 2 tahun ke depan. 

"Untuk minyak goreng, stok kita tergantung kebutuhan. Bulog pusat sudah sediakan banyak, jadi kita tinggal distribusi kalau kurang," ujarnya.

Khusus beras, Dindin mengungkapkan stok dari Sulsel dan Sulbar tidak hanya disiapkan untuk memenuhi kebutuhan di wilayahnya. Beras asal daerah ini juga disiapkan untuk kebutuhan sebagian wilayah Indonesia timur, seperti Papua dan Maluku. Bahkan sebagian didistribusikan secara bertahap ke Sumatera Utara dan Aceh.

Untuk wilayah Sulsel, stok produksi pangan didistribusikan Bulog kepada dua ribu titik desa. Kebutuhan jelang Ramadan dan lebaran juga sudah didistribusikan lebih awal. "Ini efektif untuk menekan gejolak harga, khususnya beras," Dindin menambahkan.

Lebih lanjut, Dindin menjelaskan, Bulog Sulselbar memanfaatkan sebagian stok pangan pada pengoperasian 600 Rumah Pangan Kita (RPK). Dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan pasar, RPK dinilai juga cukup efektif dalam mengantisipasi gejolak harga.

"Kita kerja sama dengan warung-warung di masyarakat. Menyediakan tiga stok, yakni beras, gula, dan terigu. Kalau ada kenaikan harga di pasar, kita tidak perlu lagi ada operasi pasar karena sudah stabil," kata Dindin.


(ALB)