Dua Bayi Orangutan Disita dari Kafe di Palangka Raya

tantawi jauhari    •    Sabtu, 18 Feb 2017 13:30 WIB
orangutan
Dua Bayi Orangutan Disita dari Kafe di Palangka Raya
Orangutan Sumatra (Pongo abelii) jantan bernama Kuta yang berusia 35 tahun berada di atas pohon usai pelepasliaran di Hutan Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (2/2)--Antara/STR (SEPTIANDA PERDANA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua bayi orangutan disita dari sebuah kafe di Kabupaten Barito Selatan, Buntok, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Dua bayi orangutan tersebut kemudian diserahkan ke Yayasan Borneo orangutan (BOSF) Nyaru Menteng, Sabtu 18 Februari 2017.

Penyitaan berawal saat petugas sedang melakukan penjagan di halaman kafe tempat dilakukanya pemungutan suara. Petugas melihat di halaman kafe adanya orang utan

Baca: Polisi Gagalkan Penyelundupan Orangutan dari Aceh

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) langsung melakukan penyitaan. Karena undang-undang orangutan tidak dapat dipelihara secara pribadi. Menurut petugas BKSDA orangutan ini dipelihara sebagai tontonan pengunjung kafe.

Humas yayasan BOSF Nyaru Menteng, Monterado Friedman mengatakan, bayi orangutan ini akan rehabilitasi. Hal itu, untuk memulihkan sifat liarnya. Agar dapat kembali hidup di hutan yang menjadi habitat.

Monterado menambahkan, orangutan tersebut berjenis kelamin jantan dan betina. Usianya berkisar dua hingga tahun. Salah satu orangutan tersebut kemungkinan telah lama dipelihara pemiliknya.


(YDH)