Pembuatan STD-B di Mukimuko Masih Digratiskan

Antara    •    Senin, 20 Mar 2017 06:46 WIB
perkebunan
Pembuatan STD-B di Mukimuko Masih Digratiskan
Ilustrasi perkebunan/MI/Achmad Sapuan

Metrotvnews.com, Mukomuko: Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masih menggratiskan biaya pembuatan surat tanda dari budi daya (STD-B) perkebunan untuk petani di daerah itu. Setidaknya, penggratisan masih dilakukan tahun ini.

"Pembuatan STD-B perkebunan di daerah ini gratis, meskipun anggaran untuk operasional petugas tidak tersedia dalam APBD," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Minggu 19 Maret 2017.

Petugas di bidang itu menggunakan biaya operasional dari dana rutin dinas. Pihaknya tidak bisa menarik biaya operasional dari pemohon STD-B karena tidak ada aturan yang mengatur seluruh biaya dibebankan kepada pemohon STD-B perkebunan.

Ia menjelaskan, pihaknya menggunakan dana rutin dinas untuk petugas yang memproses pembuatan STD-B perkebunan untuk dua orang pemohon yang memilik 10 lokasi lahan perkebunan. Dana meliputi operasional BBM dan makan petugas.

Ia mengusulkan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan, dan Tenaga Kerja setempat yang mengalokasikan biaya operasional petugas STD-B perkebunan di masa mendatang.


(OJE)

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

2 hours Ago

Golkar akan menerapkakan aturan partai terhadap kader yang dianggap melanggar aturan dan indisi…

BERITA LAINNYA