Polda Papua Minta KKB Menyerah

Marcelinus Kelen    •    Senin, 13 Nov 2017 16:34 WIB
kelompok bersenjata di papua
Polda Papua Minta KKB Menyerah
Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar/MTVN/Damar Iradat

Jayapura: Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, mengeluarkan maklumat terkait aksi bersenjata yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Adapun isi maklumat itu meminta para KKB yang ada di Mimika, Papua agar segera meletakan senjata dan menyerahkan diri.

Demikian antara lain Jayapura isi dari maklumat Kapolda Papua Irjen Boy Rafli sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, Senin 13 November 2017. 

Menurut Kamal, maklumat Kapolda itu dikeluarkan pada Minggu 12 November 2017 dan telah disebarluaskan di wilayah Tembagapura meliputi Kampung Utikini, Kampung Kembeli, Kampung Banti, Kampung Obitawak, Kampung Arwanop dan Kampung Singa.

"Tujuan penyebaran maklumat Kapolda untuk diketahui oleh masyarakat sipil dan Kelompok kriminal bersenjata agar tidak melakukan tindakan melanggar hukum," ujarnya.

Dia tambahkan, isi maklumat Kapolda Papua Irjen Boy Rafli, selain meminta KKB menyerahkan diri, juga meminta seluruh masyarakat sipil yang menguasai, membawa, memiliki, mempergunakan senjata api secara ilegal agar secepatnya menyerahkan pada pihak berwajib.

"Langkah ini juga sebagai langkah persuasif dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat atas keberadaan dan perilaku kelompok kriminal bersenjata yang berada di sekitar Distrik Tembagapura," ujarnya.

Sementara disinggung soal kondisi warga kampung Banti dan Kimbely yang dilaporkan diisolasi oleh KKB dan kapan rencana dilakukan upaya pembebasan, Kabid Humas Kombes AM Kamal menyebut hingga kini pihak TNI dan Polri terus mengupayakan pendekatan preventif guna penyelamatan warga.

"Kita masih terus melakukan sejumlah langkah persuasif," pungkasnya.


(ALB)