Fadli Zon Akui UU Otsus Papua Perlu Direvisi

Faisal Abdalla    •    Selasa, 12 Dec 2017 21:58 WIB
otonomi daerahpapua
Fadli Zon Akui UU Otsus Papua Perlu Direvisi
Diskusi bertajuk 'Ekspos Pengendalian Kebijakan Pelaksanaan Otonomi Khusus Provinsi Papua--Kiri Fadli Zon, kanan Kepala Bappeda Papua, Muhammad Musa'ad--Medcom.id/Faisal Abdalla

Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengakui UU nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua perlu dievaluasi. DPR ingin implementasi UU tersebut lebih optimal. 

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksanatugas Ketua DPR RI, Fadli Zon saat menghadiri diskusi bertajuk Ekspos Pengendalian Kebijakan Pelaksanaan Otonomi Khusus Provinsi Papua. 

"Kami melihat bahwa revisi diperlukan karena kita ingin optimal pelaksanaan otsus dan itu diatur dari UU dulu," ujar Fadli di Hotel Mercure, Glodok, Jakarta, Selasa 12 Desember 2017. 

Baca juga: 'Jangan Bandingkan Papua dengan Provinsi Lain'

Fadli mengatakan instrumen peraturan UU nomor 21 tahun 2001 perlu segera dilengkapi. Namun, ia mengaku tak mudah untuk merubah hal tersebut.

"UU No. 21 itu menyatakan peraturan pelaksanaan yang dimaksud dalam UU Otsus Papua ditetapkan paling lambat dua tahun sejak diundangkan. Dari delapan ketentuan yang memerintahkan untuk diatur dalam Keppres dan PP, sampai saat ini baru dikeluarkan satu PP dan satu Keppres," terang Fadli. 

Baca juga: Pemprov Papua Paparkan Capaian Positif Otsus

Meski begitu, Fadli tidak memungkiri banyak perkembangan positif yang terjadi di Papua pasca diberlakukannya UU Otsus 16 tahun lalu. Namun demikian, masih adanya suara-suara ketidakpuasan terhadap implementasi Otsus Papua menandakan perlunya diadakan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan UU tersebut. 

"Saya menilai memang perlu ada revisi terhadap UU tersebut, karena memang perlu ada semacam evaluasi setelah 16 tahun berjalan. Saya kira revisi ini hal yg lumrah," tutup dia.


(CIT)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

1 day Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA