Penyelundupan 1 Ton Sabu dari Taiwan Gunakan Kapal Laut

Batur Parisi    •    Jumat, 11 Aug 2017 06:51 WIB
sabu
Penyelundupan 1 Ton Sabu dari Taiwan Gunakan Kapal Laut
Rekonstruksi ulang penyelundupan sabu 1 ton di Hotel Mandalika, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Kamis 10 Agustus 2017. (Foto: MTVN/Batur Parisi).

Metrotvnews.com, Serang: Para pelaku penyelundupan sabu seberat 1 ton berangkat dari Taiwan menggunakan kapal laut besar. Sekitar satu bulan lamanya mereka berada di laut, hingga akhirnya mereka dibekuk kepolisian pada Kamis 13 Juli 2017 di Anyer, Serang, Banten.

Sebelum sampai ke Anyer, mereka sempat singgah di Johor, Malaysia untuk beristirahat dan menyediakan logistik perjalanan. Lalu melanjutkan perjalanan dan mampir kembali di Singapura.

"Mereka lanjut ke perairan Andaman, perbatasan Myanmar dan Thailand, mereka terima dari kapal kayu, mereka lanjut ke sini, ke Anyer, berhenti di tengah (laut), mereka turunkan dua perahu karet, lalu didrop ke sini (eks dermaga Hotel Mandalika)," kata Kasubdit III Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Bambang Yudantara di sela-sela rekonstruksi ulang penyelundupan sabu di Hotel Mandalika, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Kamis 10 Agustus 2017.

(Baca juga: Polisi Rekonstruksi Masuknya Sabu ke Pantai Anyer)

Menurut Bambang, para tersangka mendapatkan sabu senilai Rp1,5 triliun dari kapal kayu di sekitar perairan Andaman pada 11 Juli 2017. Setelah tiba di Anyer, mereka berencana membawa sabu tersebut ke tempat aman atau 'Save House' yang telah disiapkan sebelumnya.

(Baca juga: Penyelundup 1 Ton Sabu Peragakan 26 Adegan)

Setelah sampai, para pelaku akan mendapatkan perintah selanjutnya untuk menyebarkan barang haram itu. Sigap, polisi menggagalkan aksi mereka sebelum sampai ke tempat aman tersebut.

"Mereka sudah siapkan rumah (save house) di Cengkareng, di Duta Garden. Sudah mereka sewa satu tahun dan sudah mereka siapkan sejak November 2016, lalu kembali (ke Taiwan). Mereka kembali datang bulan Juli, langsung ditempati," pungkasnya.


(HUS)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA