Hilal Tidak Tampak di Makassar

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 15 May 2018 18:51 WIB
Ramadan 2018
Hilal Tidak Tampak di Makassar
Pemantauan hilal di lantai atap Mall GTC Tanjung Bunga, Makassar

Makassar: Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama-sama memantau hilal di lantai atap Mal GTC Tanjung Bunga, jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Selasa 15 Mei 2018. Hasil pemantauan menunjukan bahwa hilal belum tampak.

Kepala Kemenag Sulsel Iskandar Fellang menyebutkan, matahari di Makassar tenggelam pukul 17.56 Wita. Hilal belum nampak karena terpantau masih berada di ketinggian minus 0,24 derajat dari ufuk. Menurut perhitungan, hilal baru akan tampak pada Rabu besok.

Karena itu, menurut dia, bisa dipastikan awal Ramadan jatuh pada Rabu malam. Dengan kata lain puasa pertama Ramadan dilaksanakan  pada Kamis 17 Mei.

"Jadi tanggal 1 Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada tanggal 17 Mei atau hari Kamis," kata Iskandar di sela pemantauan hilal.

Iskandar menyatakan Makassar menjadi salah satu dari puluhan lokasi pemantauan hilal. Pemantauan di seluruh lokasi akan dilaporkan dalam sidang isbat di Kementerian Agama, Jakarta, malam ini.

"Hasil resminya sebentar pada sidang isbat di Jakarta. Kita tunggu saja keputusan resmi," ujarnya. 





(ALB)