Dishub Makassar Temukan Angkutan Mudik Tak Laik Jalan

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 08 Jun 2018 14:22 WIB
Mudik Lebaran 2018
Dishub Makassar Temukan Angkutan Mudik Tak Laik Jalan
Pemeriksaan ) angkutan umum menjelang masa mudik lebaran Idulfitri. Andi/Medcom

Makassar: Dinas Perhubungan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar pemeriksaan kelayakan (ramp check) angkutan umum menjelang masa mudik lebaran Idulfitri. Dari pemeriksaan tersebut diketahui sejumlah kendaraan angkutan antar kabupaten dalam provinsi tak laik jalan.

Humas Dinas Perhubungan Makassar Abdul Aziz Silla mengatakan, ramp chek digelar untuk melihat kesiapan armada mengangkut penumpang selama masa mudik. Kendaraan umum mesti diperiksa untuk menekan potensi kecelakaan di jalan raya.

"Kita rutin menggelar pemeriksaan untuk memastikan masyarakat yang mudik sampai dengan selamat ke daerah tujuan," kata Aziz di Makassar, Jumat 8 Juni 2018.

Pemeriksaan ramp check meliputi sejumlah komponen angkutan umum. Antara lain surat izin registrasi kendaraan dan sopir, kondisi ban, pengereman, kaca, dan lainnya menyangkut keselamatan. Sopir juga diperiksa untuk memastikannya bebas dari obat terlarang.

Pada pemeriksaan Terminal Regional Daya jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat pagi, petugas Dishub menemukan tiga bus AKDP yang tak laik jalan. Dua di antaranya ditilang karena tidak dilengkapi STNK, satu lainnya ditunda beroperasi sementara karena ban gundul.

"Kita periksa 20 bus yang masuk ke terminal kedatangan. Pemeriksaan bus di pemberangkatan menyusul, karena baru ramai di sore hari," ujar Aziz.

Dishub memastikan pemeriksaan ramp check bakal terus digelar hingga berakirnya masa mudik lebaran. Selain Terminal Regional Daya di utara kota, petugas juga dikerahkan ke Terminal Mallengkeri yang menjadi sarana penghubung daerah selatan Makassar.

"Selain di terminal, kita juga aktif memeriksa kendaraan di kantor-kantor penyedia jasa angkutan," Aziz mengatakan.

Selain ramp check, Dishub menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) juga memeriksa urine para supir angkutan di terminal. Dari 20 yang diperiksa, belum ditemukan yang menggunakan narkotika.


(ALB)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

17 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA