PPDB Online Masih Butuh Sosialisasi Sistem Zonasi

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 18 Jul 2017 12:18 WIB
pendidikan
PPDB <i>Online</i> Masih Butuh Sosialisasi Sistem Zonasi
Foto ilustrasi. (Media Indonesia/Bary Fathahilah)

Metrotvnews.com, Makassar: Dinas Pendidikan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mengklaim tidak menemukan kendala berarti pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Dari hasil evaluasi sementara, hanya perlu ditingkatkan sosialisasi demi memberikan pemahaman terhadap masyarakat.

"Yang perlu dibenahi adalah bagaimana masyarakat mengerti bahwa PPDB sebagai pelayanan terbuka dan transparan," kata Kepala Dinas Pendidikan Makassar Ismunandar melalui telepon, Selasa, 18 Juli 2017.

Ismunandar mengungkapkan, pada praktiknya masih ada sejumlah orang tua yang berupaya menempuh jalan pintas. Dalam proses PPDB, misalnya, ada yang mendekati panitia maupun pihak sekolah agar anaknya diluluskan. Padahal dengan sistem baru, khususnya jalur online, setiap orang mesti menempuh prosedur dengan benar.

"Masih ada orang tua yang memaksakan anaknya lulus dengan berbagai pertimbangan. Terhadap permintaan seperti itu, kami sudah jelaskan dan minta agar ikuti prosedur," ujar Ismunandar.

Sebagian masyarakat juga belum paham dengan sistem zonasi. Faktanya, masih banyak orang yang mendaftar di sekolah yang jauh dari tempat tinggalnya. Adapun pemerintah disebut telah lebih dulu mengingatkan soal itu.

"Harus diperkuat lagi soal domisili itu. Ada yang mendaftar jauh-jauh, tapi tidak diterima. Padahal kan domisili juga jadi poin pertimbangan," kata Ismunandar.

Dinas Pendidikan Makassar belum sepenuhnya mengevaluasi PPDB tahun 2017. Sebab masih ada sejumlah sekolah yang belum merampungkan laporannya. Dalam laporan tersebut dimuat berbagai kondisi pada pelaksanaan PPDB di masing-masing tempat. Hanya saja, Ismunandar tak merinci sekolah mana yang belum merampungkan laporan.


(SAN)

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

29 minutes Ago

Zuhro menilai kasus yang menjerat Novanto merupakan kasus terberat yang pernah menimpa pemimpin…

BERITA LAINNYA