Bulog Sulsel Lepas Beras di Bawah HET

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 12 Jan 2018 15:09 WIB
beras
Bulog Sulsel Lepas Beras di Bawah HET
Bulog Sulsel melepas tim Operasi Pasar beras untuk mengirimkan beras medium. Medcom.id/Andi

Makassar: Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Selatan menggelar operasi pasar guna mengantisipasi lonjakan harga beras. Pada tahap awal, Jumat 12 Januari 2018, sebanyak 100 ton beras medium dilepas ke sejumlah pasar tradisional.

Tim Operasi Pasar Bulog Sulsel dilepas oleh Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan, Kasan, di Gudang Bulog Panaikang, jalan Urip Sumoharjo Makassar. Rencananya operasi ini berlangsung sesuai agenda nasional Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, hingga 31 Maret 2018.

Kasan mengungkapkan, operasi pasar digelar guna mengantisipasi gejolak harga beras di Sulsel. Hal itu berpotensi terjadi, meski pada dasarya daerah ini merupakan salah satu produsen beras terbesar di Indonesia. Operasi sekaligus dilakukan untuk memenuhi arahan Menteri yang ingin penetrasi harga.

“Kami ingin memastikan bahwa beras yang dijual Bulog benar-benar sampai ke pedagang eceran sesuai harga eceran tertinggi (HET),” kata Kasan kepada wartawan.

Pada Operasi Pasar, Bulog Sulsel melepaskan beras medium dengan harga Rp9 ribu per kilogram. Nilai itu di bawah HET Rp9.450 yang ditetapkan pemerintah. Diharapkan, adanya selisih harga cukup jadi keuntungan bagi pedagang tanpa harus menaikkan lagi harga eceran.

“Target kita semua pasar yang bermitra dengan Bulog di 24 kabupaten se-Sulsel bisa terjangkau operasi pasar ini,” ujar Kasan.

Kepala Divisi Regional Bulog Sulsel Dindin Syamsuddin menyatakan pihaknya siap mendukung program Operasi Pasar. Dia mengklaim stok beras sangat melimpah sehingga tidak khawatir kebutuhan masyarakat terhambat. Jumlahnya saat ini mencapai 82 ribu ton.

“Kebutuhan masyarakat rata-rata 15 ribu ton per tiga bulan. Jadi cukup untuk 20 bulan ke depan. Bahkan bisa untuk dikirim ke luar daerah, karena kita juga terus menyerap beras dari petani,” kata Dindin.

Mengenai Operasi Pasar, Bulog Sulsel tidak menargetkan jumlah beras yang bakal disalurkan. Menurut Dindin, hal itu sesuai dengan permintaan pasar.

“Berapa pun kebutuhan pasar, kita siapkan,” dia melanjutkan.



(ALB)

KPK Diminta tak Berhenti di Novanto

KPK Diminta tak Berhenti di Novanto

3 hours Ago

Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S. Lang…

BERITA LAINNYA