Rumah Sakit Pertamina Balikpapan Siap Layani Anggota DPR

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 29 Nov 2016 09:20 WIB
berita dpr
Rumah Sakit Pertamina Balikpapan Siap Layani Anggota DPR
Wakil Ketua BURT Elva Hartati menyerahkan cenderamata kepada Dirut RSPB Kaltim (Foto:Dok.DPR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) di Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, siap melayani Anggota DPR RI beserta keluarganya jika harus mendapat perawatan atau pelayanan kesehatan.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Elva Hartati, saat memimpin kunjungan kerja BURT ke Balikpapan, Kaltim, Senin (28/11/2016). Kunjungan yang didampingi PT Jasindo sebagai provider asuransi DPR RI ini, diterima oleh Direktur RSPB, Syamsul Bahri.

"Setelah mendengar penjelasan dari Direktur RSPB, dan meninjau fasilitasnya, saya rasa cukup bagus untuk merawat Anggota DPR RI beserta keluarganya di Kaltim, jika mengalami sakit dan harus mendapat perawatan,” kata Elva, usai pertemuan dengan Direksi RSPB.

Politikus F-PDI Perjuangan itu menambahkan, dari sisi fasilitas maupun Sumber Daya Manusia, RSPB sudah cukup baik dan layak untuk merawat anggota DPR RI beserta keluarganya. Elva berpesan agar pelayanan terus ditingkatkan.

"Ke depannya, saya mohon kepada Direksi RSPB apabila masih ada kekurangan, untuk segera dilengkapi, dan saya mohon untuk fasilitas dan SDM, ditingkatkan lagi, dan lebih baik lagi. Saya mohon juga, agar pasien yang merupakan Anggota DPR RI beserta anggota keluarganya, apabila mereka sakit dilayani sesuai anjuran pemerintah,” kata Elva.

Politikus asal dapil Bengkulu itu meminta kepada Direksi RSPB untuk selalu berkoordinasi dengan PT Jasindo, sebagai provider asuransi DPR RI. Terutama untuk pembaruan nama-nama Anggota DPR RI.

“Banyak di daerah lain yang belum sesempurna seperti RSPB ini. Kalau belum sempurna, kami akan memberitahu pihak rumah sakit, agar dipenuhi fasilitas yang belum dilengkapi, sehingga sudah sesuai dengan kriteria atau standar pelayanan untuk Anggota Dewan beserta keluarganya,” imbuh Elva, yang juga Anggota Komisi IX DPR itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota BURT Bakri. Politikus F-PAN itu melihat, fasilitas di RSPB sudah cukup memadai dan memenuhi syarat. Bahkan menurutnya, RSPB ini dapat dijadikan contoh bagi RS lain dalam hal pelayanan kepada Anggota DPR RI beserta keluarganya.

“Saya pikir juga rumah sakit lain dapat menjadikan RSPB sebagai contoh pelayanan. Kami berharap tindakan-tindakan yang sifatnya harus cepat, betul-betul dilakukan. Jangan sampai proses administrasi berjalan, pasien tidak ditangani,” kata politikus asal dapil Jambi itu.

Sebelumnya, Direktur RSPB Syamsul Bahri menjelaskan bahwa pihaknya sudah memiliki fasilitas khusus untuk Anggota DPR RI, keluarganya, termasuk dalam hal ini untuk pejabat negara. Diantaranya ruang rawat Suite Bussiness, Suite Commerce, hingga ICCU dan NICU.

"RSPB beserta seluruh SDM siap untuk memberikan pelayanan kepada seluruh Anggota DPR RI beserta keluarganya, jika seandainya dibutuhkan pelayanan dengan kami. Koordinasi dengan PT. Jasindo juga sudah berjalan dengan baik,” jelas Direktur RSPB.

Kunjungan kerja BURT ke Kaltim dalam rangka pengawasan pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan bagi Anggota DPR RI beserta anggota keluarganya ini juga diikuti oleh Ketua BURT Roem Kono (F-PG, dapil Gorontalo), Wakil Ketua BURT Agung Budi Santoso (F-PD, dapil Jabar), dan Wakil Ketua BURT Novita Wijayanti (F-Gerindra/dapil Jateng).

Kemudian, Anggota BURT Andi Fauziah Pujiwatie Hatta (F-PG, dapil Sulsel), Anton Sukartono Suratto (F-PD, dapil Jabar), Agus Sulistiyono (F-PKB, dapil DI Yogyakarta), dan Anshory Siregar (F-PKS, dapil Sumut).

Berikutnya, Hasrul Azwar (F-PPP, dapil Sumut), dari F-PDI Perjuangan ada Yulian Gunhar (dapil Sumsel) dan Ribka Tjiptaning (dapil Jabar), Sri Meliyana (F-Gerindra, dapil Sumsel), Joko Purwanto (F-PPP, dapil Jabar), Irma Suryani Chaniago (F-Nasdem, dapil Sumsel), dan Muhammad Farid Al Fauzi (F-Hanura, dapil Jatim).


(ROS)