TGIF 2016 Dikeluhkan Pelaku UKM di Serpong

Farhan Dwitama    •    Kamis, 22 Sep 2016 19:02 WIB
international forum
TGIF 2016 Dikeluhkan Pelaku UKM di Serpong
Pemasangan taman vertikal di sepanjang Jalan Raya Puspiptek, Serpong -- MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) bekerjasama dengan Unesco, World Technopolis Association (WTA), dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyelenggarakan Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) 2016 pada 20-23 September. Namun, pelaksanaan TGIF 2016 yang melibatkan 32 negara itu dikeluhkan sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah Serpong.

Pelaku UKM mengaku omsetnya menurun hingga 50 persen sejak pelasanaan TGIF 2016. Pasalnya, pemasangan taman vertikal di sepanjang Jalan Raya Puspiptek, Serpong, menghalangi toko dan mengganggu akses pelanggan.

"Toko kami jadi tertutup dengan pemasangan tiang-tiang itu. Usaha kami jelas terganggu karena pelanggan untuk masuk saja susah," cetus Widya, 27, pemilik counter ponsel di Jalan Raya Puspiptek, Kamis (22/9/2016).

Widya juga menyesalkan tidak adanya sosialisasi pemasangan taman vertikal di sepanjang Jalan Puspiptek. "Jujur saja kami kaget, tiba-tiba pekerja memasang ini tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kenapa pemerintah Tangsel seenaknya saja?" katanya.

Hal senada diungkapkan Windi. Pemilik toko taylor yang menjual berbagai jenis kebutuhan fashion itu mengaku omsetnya terus menurun sejak taman vertikal dipasang di depan tokonya. Dia juga mempertanyakan kenapa taman vertikal hanya menutupi toko-toko kecil.

"Buktinya alfamidi tidak ditutupi," lanjutnya.

Perlu diketahui, TGIF 2016 mengangkat tema `Innovation for Sustainable Development`. Tujuannya adalah memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi global melalui promosi budaya inovasi, technopreneurship, serta alih teknologi dan ilmu pengetahuan.

Kegiatan ini adalah tindak lanjut kerjasama Unesco, WTA, dan Kemenristek Dikti pada 2007. Tangsel sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Global Innovation Forum (GIF) 2016 pada sidang dua tahunan WTA yang diselenggarakan 2014 lalu.

Dalam kegiatan ini juga ada Forum Wali Kota (Mayor's Forum), Forum Rektor (University President's Forum). Dengan dihadiri Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APKASI), industri nasional, komunitas Litbang dan perguruan tinggi nasional.


(NIN)

Jakarta Butuh Pemimpin yang Tegas dan Humanis

Jakarta Butuh Pemimpin yang Tegas dan Humanis

40 minutes Ago

Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan masyarakat Jakarta membutuhkan pemimpin …

BERITA LAINNYA
Video /