Gempa dan Tsunami di Palu

Pemda se-Indonesia Ramai-ramai Bantu Anggaran Sulteng

Surya Perkasa    •    Senin, 08 Oct 2018 21:10 WIB
Gempa Donggala
Pemda se-Indonesia Ramai-ramai Bantu Anggaran Sulteng
Anak-anak korban gempa dan tsunami belajar di tenda darurat di pengungsian di lapangan Watulemo, Kantor Wali Kota Palu, Senin 8 Oktober 2018, MI - Ramdani

Palu: Bantuan untuk pengungsi dan warga terdampak gempa Sulawesi Tengah terus mengalir. Begitu juga bantuan untuk anggaran Pemerintah Provinsi Sulteng.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sulteng, Eda Nuraly, menyebut sejumlah pemerintah daerah se-Indonesia berkomitmen membantu. Uang tersebut masuk lewat Rekening Kas Umum Antardaerah (RKUD).

"Misalnya dari daerah Jawa Timur sebesar Rp5 miliar," kata Eda di Palu, Sulawesi Tengah, Senin, 8 Oktober 2018.

Bantuan ini sangat membantu Pemprov Sulteng yang baru saja mengetok Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2018. Anggaran perbaikan gedung misalnya tak masuk ke dalam pagu.


(Kepala BPKAD Sulteng Eda Nuraly, Medcom.id - Surya Perkasa)


Pemprov Sulteng hanya memiliki anggaran belanja tidak terduga (BTT) sebesar Rp2 miliar. Anggaran tersebut sudah habis Rp500 juta untuk penanganan bencana selama 10 hari belakangan.

"Untung sekali banyak bantuan dari luar," ujar Eda.

BPKAD Sulteng sudah mulai sibuk bekerja memantau anggaran daerah dan kabupaten/kota dengan kondisi seadanya. Kini mereka fokus mengatur anggaran dan menggeser kebutuhan ke rehabilitasi dan revitalisasi daerah.

"Kita segera berkoordinasi langsung dengan Kemendagri soal penyusunan anggaran akibat bencana ini," pungkas dia.

Hingga hari ke-10 setelah gempa dan tsunami menerjang, jumlah korban jiwa di Sulteng mencapai 1.948 jiwa. Korban terbanyak ditemukan di Palu yaitu 1.539 jiwa. Korban lain ditemukan di Donggala dan Parigi Moutong. Satu korban lain ditemukan di Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Sementara jumlah pengungsi mencapai 74.444 orang di 147 titik. Bencana merusak lebih 65 ribu rumah, lebih 2.700 sekolah, 1 rumah sakit, dan 6 puskesmas.


(RRN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA