SIngkawang Kirim Dua Wakil Terbaik Pemuda Inspiratif ke Tingkat Nasional

Rendy Renuki H    •    Selasa, 09 Oct 2018 13:07 WIB
berita kemenpora
SIngkawang Kirim Dua Wakil Terbaik Pemuda Inspiratif  ke Tingkat Nasional
Wakil Walikota Singkawang Drs. H. Irwan, MSi (tengah) memberikan penghargaa kepada para peserta dan pemenang ajang Pemuda Inspiratif 2018 (Dok. Kemenpora)

Jakarta: Kota Singkawang, Kalimantan Barat mengirimkan dua wakil terbaiknya di ajang Pemuda Inspiratif 2018 untuk bersaing ke tingkat nasional Senin 8 Oktober. Depy Eka Rachmawati dan Agustiawan akan menjadi wakil Pemuda Inspiratif Singkawang untuk bersaing di putaran final yang digelar di Serang, Banten.

Seleksi hari kedua pemuda-pemudi terbaik untuk mewakili Singkawang dimulai pukul 16:00 WIB yang pada pagi harinya didahuui senam dan pembagian doorprize di mess daerah Singkawang. Sebanyak 10 peserta putra dan putri yang telah lolos seleksi pertama kembali mempresentasikan ide-ide inovatifnya dihadapan ketiga juri.

Bermacam inovasi mulai dari pendidikan, kewirausahaan, dan teknologi menjadi mayoritas kategori yang diambil oleh peserta. Depy yang terpilih menjadi pemudi mewakili Singkawang ke tingkat nasional mempresentasikan inovasinya dengan Komunitas Literasi pelajar kota Singkawang.

Klik: Kemenpora Ajak Masyarakat Redam Hoaks Asian Para Games 2018


Ia memaparkan bahwa komunitas ini tidak hanya berfokus untuk meningkatkan minat membaca pemuda normal, namun juga untuk pemuda berkebutuhan khusus yang menjadi fokus utama program ini. Depy juga memaparkan bahwa gelaran ini semoga akan meningkatkan semangat berkarya untuk menumbuhkan karakter positif.

Sementara, Agustiawan yang terpilih menjadi pemuda mendampingi Depy mempresentasikan program "Bimbel Agus Pantun". Dalam paparannya, ia ingin menerapkan penggalian potensi siswa sangatlah penting untuk memunculkan karakter yang akan ditanamankan, sehingga pemuda-pemudi mampu untuk mengusung Indonesia menjadi lebih baik.

Tepat pukul 19:00 WIB para juri memutuskan pemenang seleksi hari kedua untuk mewakili Kota Singkawang melaju ke final Pemuda Inspiratif 2018. Johari Pion, salah satu juri memaparkan penilaian bukan hanya dari ide yang menginspirasi, melainkan juga harus yang mewakili identitas Indonesia.

"Pancasila dan budaya yang ada di Indonesia juga harus dimasukan kedalam ide-ide yang harus direalisasikan oleh peserta. SPemuda Inspiratif merupakan wadah penyaringan untuk pemerintah daerah menemukan bibit-bibit pemuda unggul yang harus direalisasikan oleh pemerintah daerah," ungkap Johari.

Gelaran Pemuda Inspiratif Singkawa ditutup dengan pemberian penghargaan yang diberikan Wakil Walikota Singkawang Drs. H. Irwan, MSi kepada para pemenang. Menurutnya, gelaran Pemuda Inspiratif 2018 di Kota Singkawang sangat membantu daerahnya melahirkan pemuda-pemudi berkualitas.

"Pemuda Inspiratif ini diharapkan akan melahirkan pemuda-pemudi yang akan menjadi pelopor Kebhinekaan bangsa," tutupnya.

 


(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA