Gubernur Sulsel Ingin Izin Ekspor Dipermudah

Muhammad Syawaluddin    •    Minggu, 20 Jan 2019 08:00 WIB
eksporekspor ikan
Gubernur Sulsel Ingin Izin Ekspor Dipermudah
Ilustrasi uang, Medcom.id - M Rizal

Makassar: Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, meminta kepada pemerintah pusat agar memudahkan proses atau izin ekspor. Nurdin yakin dengan mudahnya proses izin ekspor bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Saya minta semua-semua izin yang berkaitan dengan ekspor permudah. Teman-teman di birokrat support ekspor, uji mutu dan lainnya," kata Nurdin saat meresmikan pelepasan ekspor ikan terbang ke Jepang di Kawasan Industri Makassar (Kima), Sulawesi Selatan, Sabtu, 19 Januari 2019.

Baca: Sulsel Mulai Ekspor Ikan Terbang ke Jepang

Nurdin ingin proses izin bisa diselesaikan hanya dalam jangka waktu beberapa jam dan tidak memakan waktu hingga satu minggu. Karena, kata Nurdin, hal tersebut memberikan peluang adanya pungutan liar.

"Kalau bisa satu jam kenapa harus semingu. Jika panjang bisa juga ada pungli. Tak kalah penting tenaga kerja terus meningkat," jelas Nurdin.

Nurdin menjelaskan, perizinan seharusnya bisa dilakukan dengan mudah dari satu pintu saja. Dengan demikian, Nurdin yakin jiksa masyarakat tidak terkendala masalah ekspor.

Nurdin kembali mengatakan, Dinas terkait, khususnya sektor kelautan dan perikanan diharapkan bisa memberdayakan masyarakat pesisir dengan mendukung pemanfaatan teknologi maupun pengetahuan. Dengan begitu produktifitas mereka bisa meningkat. 

"Jika petani kita makmur, kehidupan keluarganya akan baik. Kebutuhan gizi tercukupi anak-anak mereka akan cerdas," pungkas Nurdin.


(DEN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA