Baubau Siap Hubungkan Pelayaran Barat ke Timur

Faisal Abdalla    •    Senin, 03 Dec 2018 13:01 WIB
Baubau Siap Hubungkan Pelayaran Barat ke Timur
Kapal Ferry Cepat (KFC) Jetliner berkapasitas 700 orang melintas di perairan Kendari saat bertolak ke Kabupaten Wakatobi, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (12/9/2017). Foto: Antara/Jojon

Jakarta: Pemerintah Kota Baubau terus berupaya mengembangkan potensi yang dimiliki kotanya. Potensi itu harus dikembangkan untuk menggenjot pembangunan di sana. 

"Aspek pembangunan masih banyak yang harus kita kembangkan. Dengan kebersamaan, kalau dikemas dalam suatu konsep pemikiran, Kota Baubau bisa berkembang," kata Wali Kota Baubau, AS Tamrin, di kantor Media Group, Jalan Pilar Mas, Kedoya, Jakarta Barat, Senin, 3 Desember 2018.

Tamrin mengatakan Kota Baubau berlokasi di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Persis dilintasi oleh jalur pelayaran dari Indonesia barat ke timur maupun sebaliknya. Oleh karena itu, ujarnya, peluang Kota Baubau menjadi hub bagi jalur pelayaran terbuka lebar. 

"Kapal Pelni setiap hari lewat Baubau. Apalagi Baubau menghadap utara sehingga terlindung dari angin kencang," katanya. 

Selain lokasi, Tamrin mengatakan kekayaan alam maupun kekayaan budaya masyarakat yang dimiliki Baubau juga membuka peluang suburnya industri pariwisata di daerah tersebut. Namun, semua potensi tersebut akan sia-sia jika tidak dikembangkan dengan baik. 

Pemerintah Kota Baubau menggandeng Media Group untuk meningkatkan promosi kotanya. Dengan kerja sama ini, Pemkot Baubau berharap semakin banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya di Kota Baubau. 

"Visi-misi kita adalah menjadikan Baubau kota yang maju dan berbudaya serta didekatkan pada pilar pembangunan." 

"Promosi ini menjadi media untuk menghubungkan pemda dengan investor maupun pemerintah pusat. Saya berharap dengan adanya kerja sama ini, manfaatnya secara konkret bisa dinikmati oleh masyarakat," kata Tamrin.

(UWA)