Guru SMA/SMK Mimika Mogok Mengajar

Antara    •    Selasa, 16 Oct 2018 17:16 WIB
gurutenaga honorermogok kerja
Guru SMA/SMK Mimika Mogok Mengajar
Ilustrasi: Siswa salah satu sekolah di Mimika, Papua. MI/Agung Wibowo

Timika: Sekitar seribu guru SMA dan SMK di Kabupaten Mimika, Papua menyatakan mogok mengajar mulai Rabu, 17 Oktober 2018. Mereka mogok hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Ketua Forum Komunikasi Guru dan Tenaga Kependidikan SMA dan SMK di Kabupaten Mimika, Sulijo, mengatakan mogok guru buntut dari kekesalan atas tuntutan hak yang tak digubris

Sulijo menyebut sistem pembiayaan masih menjadi tanggung jawab kabupaten dan kota. Padahal kewenangan bidang SMA dan SMK Kabupaten Mimika dialihkan ke Provinsi pada awal 2018.

Ada empat poin tuntutan guru aparatur sipil negara (ASN) dan honorer SMA/SMK. Empat tuntutan tersebut yakni tunjangan perbaikan penghasilan (TPP), uang lauk pauk (ULP), insentif untuk guru honorer tingkat SMA dan SMK dan dana operasional sekolah bantuan daerah (Bopda).

"Kalau Bopda sudah dicairkan kepada masing-masing SMA dan SMK, tetapi yang lain belum jelas, padahal itu hak kami," ujarnya.

Sulijo menyebut ketidakjelasan tersebut sudah berlangsung sejak Januari 2018. Pihaknya telah berupaya meminta kejelasan dan kepastian ke Wakil Bupati, Sekda dan Kepala BKAD sejak Agustus 2018. Hasilnya nihil.

"Kami minta kepastian dan bukti fisik sebab itu hak kami. Kami guru dan selalu mengajar tetapi kenapa para pimpinan daerah ini tidak membuka mata dan hati," kata Sulijo.

Kepala BKAD Mimika Marthen Mallisa mengatakan, surat edaran Sekda Provinsi Papua terkait dengan tanggung jawab kabupaten dan kota tidak kuat. Bahkan menurut Marthen, surat Sekda Papua tidak bisa dijadikan dasar untuk membayarkan apa yang menjadi hak guru di Mimika.

Marthen menyebut pergub terkait pemindahan kewenangan masih dalam bentuk rancangan. Mimika memiliki 19 SMA dan 24 SMK dengan jumlah guru sebanyak 304 guru ASN dan 761 guru honorer.


(SUR)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA