Kloter Terakhir Tiba, Debarkasi Haji Makassar Rampung

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 06 Oct 2017 18:59 WIB
haji 2017
Kloter Terakhir Tiba, Debarkasi Haji Makassar Rampung
Jemaah haji asal embarkasi Makassar. MTVN/Andi

Metrotvnews.com, Makassar: Kedatangan kelompok terbang 35 dari Arab Saudi, Jumat siang 6 Oktober menandai berakhirnya proses Embarkasi/Debarkasi Haji Makassar tahun 2017. Kloter ini membawa pulang jemaah asal empat daerah di Sulawesi Selatan, yakni kabupaten Gowa, Bone, Maros, dan Kota Makassar.

Pada kloter tersebut, pesawat Garuda Indonesia mengangkut 449 haji termasuk petugas pendamping. Dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, jemaah kemudian dibawa ke Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum dikembalikan ke daerah masing-masing. Mereka disambut keluarga yang memadati ruang tunggu asrama sejak pagi hari.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Makassar Kaswad Sartono menyampaikan bahwa proses embarkasi/debarkasi berakhir, usai resmi dimulai sejak 26 Agustus 2017. Usai menjalankan ibadah haji, sebanyak 15.825 haji asal delapan provinsi di Indonesia timur tiba dengan selamat di tanah air. Jumlahnya berkurang dari total 15.867 orang berangkat.

“Selama prosesi pelaksanaan ibadah haji, ada 38 orang yang wafat di Arab Saudi, ditambah satu orang wafat di pesarat saat pulang,” kata Kaswad di Makassar, Jumat.

Berdasarkan data PPIH, 13 orang haji yang wafat di Tanah Suci berasal dari provinsi Sulsel. Jemaah lain berasal dari Sulawesi Barat (3 orang), Sulawesi Tenggara (4 orang), Papua (2 orang), Maluku (7 orang), Maluku Utara (8 orang), dan Gorontalo (2 orang).

Lebih lanjut, Kaswad menyebutkan, sejauh ini masih ada empat haji asal embarkasi/debarkasi Makassar yang tertahan di Saudi. Kepulangan mereka tertunda karena sakit dan masih dirawat di rumah sakit. Mereka baru akan dipulangkan setelah kondisinya membaik.

Atas nama PPIH, Kaswad menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh stake holder yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2017. Dia juga meminta maaf kepada seluruh jemaah dan masyarakat jika terdapat kekurangan.

“Kami terus memohon masukan agar ke depan bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan,” ujar Kaswad.

Asisten I Pemerintah Kabupaten Bone Andi M Yamin, mewakili unsur pemerintah pada penyambutan kloter 35. Kepada jemaah, dia berharap agar semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik saat kembali di masyarakat. Sesuai dengan wujud penerapan haji mabrur.

“Jadilah telada yang baik di tengah keluarga dan masyarkat, sehingga berimbas kepada kondisi sosial daerah yang semakin baik dan maju,” katanya.


(ALB)