Kelompok Bersenjata di Tembagapura

Pemkab Tunggu Instruksi Distribusi Makanan untuk Sandera

Antara    •    Sabtu, 11 Nov 2017 18:24 WIB
papuakelompok bersenjata di papua
Pemkab Tunggu Instruksi Distribusi Makanan untuk Sandera
Ilustrasi kelompok bersenjata, MTVN - M Rizal

Timika: Pemerintah Kabupaten Timika, Papua, menunggu instruksi mendistribusikan bantuan bahan makanan bagi warga di Kampung Banti dan Kimbely, Distrik Tembagapura. Ribuan warga tersebut disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kepala Distrik Tembagapura Martinus Nuboba mengatakan mengupayakan pendistribusian makanan. Namun ia masih menunggu hasil koordinasi Pemkab Mimika dengan pihak-pihak terkait seperti Kapolres Mimika, Dandim 1710/Mimika, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

"Untuk itu bahan makanan tersebut saat ini masih berada di Tembagapura yang disimpan dalam dua kontainer," ujar Martinus, Sabtu 11 November 2017.

Sejak sepekan lalu, bantuan bahan makanan yang disiapkan oleh pemkab setempat telah tiba di Mile post (MP) 66 distrik Tembagapura. Namun hari ini, sebanyak dua kontainer bahan makanan tersebut dipindahkan ke bukit barat area kota Tembagapura.

Dua kontainer bahan makanan tersebut terdiri dari satu kontainer bahan makanan berupa beras dan satu kontainer lain berisi bahan kebutuhan pokok lain seperti mie instan, air mineral, dan bahan makanan dalam kaleng.

Genap tiga pekan sejak Sabtu 21 Oktober 2017, KKB melancarkan aksi teror penembakan di area distrik Tembagapura. Aksi tersebut menyebabkan warga di perkampungan distrik Tembagapura seperti Banti dan Kimbely menjadi terisolasi.

Warga asli Papua maupun non Papua yang tinggal di dua kampung tersebut oleh KKB tidak diperkenankan untuk keluar dari kampung termasuk ke Tembagapura atau mengungsi ke tempat lain. Warga hingga kini terisolir dan terancam kelaparan, sehingga Pemkab Mimika menyediakan bahan makanan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan warga.


(RRN)