Antisipasi Teror, Pemprov Sulsel Minta Masyarakat Aktifkan Siskamling

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 15 May 2018 12:47 WIB
terorisme
Antisipasi Teror, Pemprov Sulsel Minta Masyarakat Aktifkan Siskamling
Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono dan Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti. Medcom.id/Andi Aan

Makassar: Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap terorisme. Warga Sulsel diharapkan mendeteksi dini upaya teror dengan aktif memantau kondisi di lingkungan masing-masing-masing.

Soni, sapaan akrab Sumarsono menganggap Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) sebagai salah satu langkah strategis yang bisa digalakkan masyarakat. Lewat konsep ronda swadaya, masyarakat dipercaya bisa lebih waspada terhadap ancaman di lingkungannya.

“Pemerintah provinsi akan buat edaran sebagai penegasan, untuk kembali membentuk Siskamling. Ini agar digalakkan kembali melalui koordinasi pemerintah daerah,” kata Soni usai memimpin rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di rumah jabatan gubernur Sulsel, jalan Jenderal Sudirman Makassar, Selasa 15 Mei 2018.

Soni memastikan Pemprov Sulsel bersama unsur Forkopimda lainnya berkomitmen menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Meski begitu, masyarakat dinilai tetap berperan penting membantu karena ancaman biasanya muncul dari bawah.

Lebih lanjut, Soni mengimbau masyarakat Sulsel agar tidak khawatir secara berlebihan terhadap terorisme. Sebab Kepolisian dan TNI diyakini telah berupaya mengantisipasi setiap ancaman. Yang perlu diingat adalah masyarakat mesti terus waspada.

“Silakan beraktivitas normal sebagaimana biasanya. Tidak usah takut sampai tidak mau ke mal, tidak mau beribadah. Polisi sudah atur pengamanan, begitu juga dengan TNI di tempat strategis dan vital,” ujar Soni.

Pada rapat Forkopimda, Pemprov Sulsel membahas tiga isu pokok di daerah. Antara lain soal isu terorisme, Pilkada serentak, serta kesiapan jelang Ramadan. Rapat dihadiri pimpinan lintas elemen, antara lain Polda Sulsel, Kodam XIV/Hasanuddin, DPRD, dan lainnya.

Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti meminta masyarakat di mana pun agar mewaspadai hal-hal mencurigakan di lingkungannya. Tidak ada pengecualian, sebab menurutnya, ancaman bisa datang dari mana saja. Yang terpenting adalah secepatnya memberikan informasi kepada aparat saat menemukan hal menyimpang.

“Yang kita harap adalah peran serta masyarakat. Sekecil apa pun inforrmasi sangat diperlukan, untuk dicermati dan didalami,” kata Agus.


(ALB)