KSB Panakukkang Dinilai Tanggap Hadapi Bencana

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 16 Apr 2018 17:39 WIB
berita dpr
KSB Panakukkang Dinilai Tanggap Hadapi Bencana
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang. Foto: Dok. DPR

Jakarta: Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengapresiasi masyarakat Dusun Parangmalengu, Desa Panakukkang, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Warga dianggap cepat dan tanggap dalam menghadapi bencana. 

Hal itu disampaikan oleh Marwan saat meninjau program Kampung Siaga Bencana (KSB) di Dusun Parangmalengu, Desa Panakukkang, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Selain menyelamatkan diri, warga juga bisa membantu tetangga dan lingkungannya dalam kondisi darurat. 

“Di Desa Panakukkang ada yang spesifik, ada semacam kearifan lokal bahwa kesiapsiagaan masyarakat itu bisa meminimalisir korban jiwa atau korban harta, benda, dan lain-lain,” kata Marwan dalam keterangan tertulis, Senin, 16 April 2018.

Marwan menjelsakan, secara umum tujuan kedatangan Komisi VIII DPR RI ke Desa Panakukkang semata untuk melihat dan mengevaluasi program pemerintah, khususnya KSB. Dengan begitu, berbagai kendala yang ditemukan bisa segera diatasi dengan baik.

"Kira-kira keluhan masyarakat apa, dan bagaimana keluhan para Taruna Siaga Bencana (Tagana),” kata Marwan.

Pada kesempatan tersebut, Komisi VIII DPR RI menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial RI kepada KSB Panakukkang, terdiri dari bantuan logistik senilai Rp42.918.750. Kemudian, Dinas Sosial Kabupaten Gowa juga memberikan bantuan logistik senilai Rp50.463.658, bantuan pakaian PDH untuk Tagana di Universitas Islam Nasional dan penyerahan secara simbolis Truk Serbaguna dari Kemensos kepada Dinas Sosial Kabupaten Gowa.

Pada kunjungan tersebut, Tim Kunker Komisi VIII DPR RI yang terdiri dari Trudjajati Sunarijanto (F-PDI Perjuangan), Budiman Sudjatmiko (F-PDI Perjuangan), Samsu Niang (F-PDI Perjuangan), Syofwatillah Mohzaib (F-PD), Lilis Santika (F-PKB), Ei Nurul Khotimah (F-PKS), dan Acmad Fauzan Harun (F-PPP), menyaksikan simulasi penanganan banjir yang diperagakan warga Dusun Parangmalengu bersama Tagana. 

Kunjungan Kerja Komisi VIII didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel Andi Ilham Ghazali dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa Syamsuddin.


(ROS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA