Cara Baru Pelaku Curanmor di Tangsel

Farhan Dwitama    •    Senin, 20 Mar 2017 16:11 WIB
curanmor
Cara Baru Pelaku Curanmor di Tangsel
Pelaku pencurian kendaraan bermotor saat digelandang ke Polsek Ciputat -- MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Polisi meringkus pelaku pencurian spesialis sepeda motor yang kerap beraksi di Sawangan, Serpong, Ciputat dan Pamulang. AL, 37, hanya diam tertunduk saat digelandang ke Polsek Ciputat.

"Dalam aksinya, pelaku terbilang mempunyai cara baru dalam beraksi. Ia memakai magnet modifikasi untuk membuka penutup atau pengaman dari kunci yang ada di motor. Kami masih kejar pelaku lain dengan peran berbeda, sebagai joki," kata kapolsek Ciputat Kompol Tatang Syarief, Senin, 20 Maret 2017.

Menurut Tatang, AL ditangkap warga saat akan menjalankan aksinya di wilayah Ciputat. "Pelaku yang bersiap memangsa motor korbannya masuk melalui pagar rumah korban," jelas dia.

Tatang menuturkan, AL nampak menggenggam kunci letter T saat dipergoki warga. Ia diduga akan mencuri sepeda motor Honda Vario yang terparkir di depan rumah calon korbannya.

"Korban kemudian berteriak 'maling', hingga menggundang warga sekitar. Ternyata, tersangka tidak sendiri saat ditangkap. Satu tersangka lain sedang menunggu di luar dan berhasil kabur," ujarnya.

Kepada polisi, AL mengaku sudah berhasil menggondol sembilan sepeda motor dari delapan tempat kejadian perkara. Sasaran utama adalah motor jenis matic.

Dari tangan pelaku, didapati sejumlah barang bukti berupa satu magnet modifikasi, satu pisau, satu gagang letter T, sembilan mata kunci letter T, tiga STNK, dan dua kunci asli. "Tersangka dan barang bukti sudah berada di Polsek Ciputat guna pemeriksaan lebih lanjut," ujar Tatang.

AL bakal dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana sembilan tahun penjara.


(NIN)