Komisi V DPRD Kalbar Sidak di RSUD Soedarso

Agung Widura    •    Kamis, 20 Apr 2017 17:17 WIB
malapraktik
Komisi V DPRD Kalbar Sidak di RSUD Soedarso
Komisi V DPRD Provisi Kalimantan Barat saat audensi dengan pihak RSUD Soedarso -- MTVN/Agung Widura

Metrotvnews.com, Pontianak: Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat Suma Jenny Heryanti bersama anggota Komisi V DPRD melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Pontianak. Sidak dilakukan untuk meninjau pelayanan rumah sakit terhadap pasiennya.

"Kita dari Komisi V DPRD juga meminta penjelasan terkait obat kedaluwarsa yang mencuat di rumah sakit kebanggaan pemerintah daerah ini," kata Suma, Kamis, 20 April 2017.

Suma menjelaskan, pihaknya saat sidak tidak menemukan adanya pemberian obat kedaluwarsa kepada pasien di RSUD Soedarso. Ia juga sudah meminta penjelasan terkait kasus obat kedaluwarsa pada perawat dan rumah sakit.

"Kasus obat kedaluwarsa ini terjadi karena adanya miss komunikasi antara pasien dengan perawat," tegas Suma.

(Baca: Seorang Pasien RSUD Soedarso Diduga Jadi Korban Malapraktik)


Meskipun tidak ditemukan adanya penyimpangan, namun pelayanan rumah sakit dinilainya masih belum maksimal. Padahal, RSUD Soedarso adalah salah satu rumah sakit rujukan nasional.

Subandri selaku Wakil Direktur RSUD Soedarso menambahkan, kasus obat kedaluwarsa itu tidak benar. "Pemberian obat kepada pasien sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan rumah sakit," jelasnya.

(Baca: RSUD Soedarso Bantah Berikan Obat Kedaluwarsa)

Ia menyesalkan, tidak ada komunikasi yang baik antara keluarga pasien dengan pihak rumah sakit. Mereka secara sepihak menuduh rumah sakit memberikan obat kedaluwarsa.

Sebelumnya, Edi Yamin, 50, diduga mendapatkan obat kedaluwarsa untuk sakit paru-paru yang dideritanya. Seorang perawat memberikan obat berupa cairan dengan tanggal kedaluwarsa April 2017.


(NIN)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

1 hour Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA