Seribu Siswa Ikuti Kirab Pemuda Nusantara di Bangka Selatan

Rendy Renuki H    •    Sabtu, 11 Nov 2017 14:20 WIB
kemenpora
Seribu Siswa Ikuti Kirab Pemuda Nusantara di Bangka Selatan
Suasana pembukaan Kirab Pemuda Nusantara 2017 di Alun-alun Pantai Nek Aji, Kota Toboali, Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (10/11). (Istimewa)

Toboali: Seribu siswa mengikuti upacara Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017 yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga di Alun-alun Pantai Nek Aji, Kota Toboali, Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Jumat 10 November 2017. KPN yang digelar di Hari Pahlawan membuat para peserta mampu meresapi makna peringatan yang jatuh setiap 10 November tersebut.

Menpora Imam Nahrawi meluncurkan program KPN pada Agustus lalu yang dijalankan di 34 provinsi se-Indonesia. KPN dicetuskan sebagai program merawat kebhinekaan, terutama di lingkungan kepemudaan yang didengungkan 27 tahun yang lalu.

Layaknya upacara, prosesi peringatan Hari Pahlawan disimbolkan dengan penaikan bendera Merah Putih di tiang yang berada di tengah alun-alun. Para peserta terenyuh saat digelar acara penghargaan terhadap lima veteran perang kemerdekaan. Para peserta upacara membayangkan perjuangan para veteran dan kondisi saat perang dalam masa prakemerdekaan.

Baca: Biaya Penyiaran Asian Games 2018 Mencapai Rp800 Miliar


"Kami bangga dan bersyukur berkat perjuangan para pejuang yang ada di depan saya, kami generasi muda bisa merasakan udara kemerdekaan ini," kata salah satu peserta KPN asal Toboali, Ari Firdaus lewat rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer menegaskan daerahnya merasakan perayaan Hari Pahlawan yang berbeda karena dikunjungi para peserta Kirab Pemuda Nusantara. Bagi dia, semangat pemuda untuk mengisi kemerdekaan saat ini cukup besar.

"Kami berharap, dengan usia yang masih produktif dan pemuda yang ada di sini saat ini bisa turut andil membangun Indonesia, dan juga bisa membangung Toboali secara khusus ke depan," tegasnya.

Sementara, Asisten Deputi Kemenpora bidang Peningkatan Iptek dan Imtak Pemuda, Esa Sukmawijaya, menegaskan melalui KPN ini para peserta bisa semakin mencintai Tanah Air dan menjaga kebhinekaan yang dimiliki oleh Indonesia.

"Pemuda harus semakin cinta tanah air. Tidak hanya pada Hari Pahlawan, tapi setiap saat. Kami berharap para pemuda Indonesia umumnya dan pemuda Toboali khususnya, bisa terus menunjukkan kecintaannya dan mengisi pembangunan dengan hal yang positif dan produktif," tandasnya.

Antusiasme tinggi masyarakat Toboali terasa saat digelar pawai yang dimulai dari alun-alun dan melewati jalanan utama kota Toboali. Mereka berantusias melihat para pemuda menampilkan pakaian adat dan kesenian budaya sepanjang perjalanan pawai yang finis di alun-alun pantai Nek Aji tersebut.

Video: ?22 Atlet Muda Perkuat Indonesia di Kejuaraan Renang Asean
 


(RRN)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

1 hour Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA