Polda Kalimantan Utara Masih Menumpang di Kantor Pemda

Ilham wibowo    •    Jumat, 16 Mar 2018 03:13 WIB
kepolisian
Polda Kalimantan Utara Masih Menumpang di Kantor Pemda
Ilustrasi polisi sedang bertugas. MI/Ramdani.

Jakarta: Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara resmi memiliki pimpinan usai Brigjen Indrajit dilantik sebagai Kapolda. Namun, untuk sementara kantor yang digunakan menunjang di kompleks Pemda setempat. 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, Polda Kalimantan Utara merupakan instansi yang baru dibentuk di provinsi termuda Indonesia ini. Meski belum memiliki bangunan fisik sendiri, pelayanan keamanan untuk masyarakat tetap bisa dilaksanakan. 

"Bangunan fisik belum ada. Nanti mungkin akan menempati bangunan yang sudah ada dulu. Dipinjami oleh Pemprov Kaltara," kata Setyo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 15 Maret 2018. 

Mabes Polri pun telah menyiapkan anggaran untuk infrastruktur kantor maupun perumahan personel. Menurut Setyo, Kalimantan Utara telah diproyeksikan memiliki Polda tipe B.

"Oleh sebab itu sekarang disiapkan Poldanya. Nanti personel peralatan semua dilengkapi menjadi Polda tipe B," jelas Setyo.

Ia memastikan infrastruktur penunjang bakal dikebut agar bisa dimanfaatkan masyarakat. Pihak pemerintah daerah pun telah menyiapkan lahan untuk bisa dibangun. 

"Sudah dianggarkan, pembangunan bertahap. Kita punya pengalaman Polda Papua Barat, kemudian Polda Maluku Utara itu Polda-Polda baru yang kita laksanakan secara bertahap. Kalau tidak salah dalam dua tahun bisa operasionala, lebih cepat ya lebih bagus," pungkas Setyo.


(DEN)