Sumbangan Kemanusiaan Media Group Sasar Lokasi Terpencil di Lombok

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 09 Aug 2018 05:00 WIB
media groupGempa Lombok
Sumbangan Kemanusiaan Media Group Sasar Lokasi Terpencil di Lombok
Sumbangan Kemanusiaan Yayasan Media Group mulai didistribusikan. (Medcom.id/Whisnu M)

Lombok: Sumbangan Kemanusiaan Yayasan Media Group mulai mendistribusikan bantuan dari pemirsa Metro TV ke korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bantuan menyasar ke titik-titik pengungsian yang belum terjangkau bantuan. 

"Bantuan dari pemirsa Metro TV kita salurkan untuk masyarakat  terutama di Lombok Utara," kata Ketua Yayasan Dompet Kemanusiaan Media Group Ali Sadikin di lokasi pengungsian Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu 9 Agustus 2018.

Ali menjelaskan, hari kedua pendistribusian bantuan logistik, menyasar ke delapan titik pengungsian. Titik-titik pengungsian itu tersebar di Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Wilayah Kecamatan Gangga, jauh dari posko pengungsian utama di Kecamatan Tanjung, pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Utara. 

"Survei kita sudah lakukan. Banyak sekali yang harus kita bantun sebagian mereka belum tersentuh sama sekali logistik," jelas Ali. 

Salah titik lokasi distribusi bantuan terletak di Dusun Gita Demung, Desa Ganggelang Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Lokasi ini berjarak sekitar satu jam dari pusat pengusian utama di Kecamatan Tanjung. 

Terletak di atas perbukitan, sehingga belum ada bantuan baik itu dari pemerintah dan relawan yang menyasar wilayah itu. Di desa ini ada sekitar 500 kepala keluarga terdampak gempa. 

Rata-rata rumah mereka hampir rata dengan tanah. Posko pengungsian didirikan swadaya oleh masyarakat. Kebutuhan logistik sehari-hari berasal dari urunan masyatakat. 

Kedatangan tim sumbangan kemanusiaan Media Group bak oase. Selama tiga hari pasca gempa, belum ada sama sekali bantuan yang masuk. 

"Kami bersyukur sekali ini baru pertama ada bantuan. Terima kasih Metro TV," ucap Nasifah salah satu warga. 

Secara simbolis, Ketua Yayasan Dompet Kemanusiaan Media Group Ali Sadikin menyerahkan bantuan berupa keperluan sembako dan selimut. Ada 10 jenis barang dalam bantuan itu. Di antaranya makanan bayi, mie instan, minyak goreng, beras, susu, dan pembalut wanita. 

"Ini sumbangan dari masyarakat Indonesia. Ini amanah," ucap Ali.


(LDS)