​Thamrin Usman kembali Jadi Rektor Untan Pontianak

M. Aswandi    •    Rabu, 14 Jan 2015 00:27 WIB
​Thamrin Usman kembali Jadi Rektor Untan Pontianak
Thamrin Usman bersama keluarga, sumber: www.thamrinusman.com

Metrotvnews.com, Pontianak: Profesor Doktor Thamrin Usman kembali menjadi Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Kalimantan Barat, untuk periode 2015-2019. Meski tertutup, pemilihan berlangsung aman dan demokratis di Gedung Rektorat Lantai 3 Untan, Selasa (13/1/2015)

Thamrin merupakan calon petahana atau incumbent yang mengungguli dua lawannya yaitu Profesor Doktor Garuda Wiko dan Doktor Abu Bakar Alwi. Thamrin mendapat 59 suara, Garuda memperoleh 17 suara, dan 13 suara memilih Abu Bakar.

Usai pemilihan, Rektor terpilih berjanji merangkul kandidat lain untuk membangun Untan menghadapi pasar ekonomi Asia. Ia akan bekerja keras meningkatkan kualitas dosen serta mahasiswa Untan.

Ia juga memberi kesempatan pada semua lapisan masyarakat untuk menempuh pendidikan di Untan. Siapapun berhak, dari berbagai pelosok daerah dan latar belakang ekonomi.

Ia juga memiliki program menyekolahkan puluhan dosen ke Inggris dan Prancis. Tujuannya meningkatkan mutu dan kualitas tenaga pengajar di lingkungan Untan. Dalam waktu dekat, Untan akan bekerja sama dengan pemerintah Inggris untuk mendirikan pusat tes Bahasa Inggris bagi warga yang ingin belajar ke luar negeri.

Pria kelahiran Pontianak, 10 November 1962, itu menjabat Rektor Untan periode 2011-2015. Bapak tiga anak itu menempuh pendidikan S3 Kimia Agroindustri ENSCT-INP, Toulouse, France (1997); S2 Kimia Agroindustri, ENSCT-INP, Toulouse, France (1994); dan S1 Kimia Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Indonesia (1987).

Ia pernah meraih Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 tahun yang diberikan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Suami Dewi Ayumi itu juga mendapat penghargaan sebagai Warga Kehormatan KODAM XII/Tanjungpura Kalimantan Barat.
 
(RRN)