Pilgub Sulsel, Nurdin Halid Andalkan Infrastruktur NasDem dan Golkar

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 14 Sep 2017 19:10 WIB
pilkada 2018
 Pilgub Sulsel, Nurdin Halid Andalkan Infrastruktur NasDem dan Golkar
Pasangan bakal calon gubernur Sulsel usungan Nasdem dan Golkar, Nurdin Halid - Aziz Qahar Mudzakkar

Metrotvnews.com, Makassar: Bakal calon gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid percaya diri dapat memenangkan pertarungan pada pemilihan kepala daerah serentak tahun depan. Sejauh ini, di antara para kandidat, dia mengklaim dirinya yang paling siap untuk mencalonkan diri.

Nurdin Halid akan berpasangan dengan senator DPD RI Aziz Qahar Mudzakkar. Pasangan tersebut telah mengantongi surat keterangan rekomendasi sebagai bakal calon dari Partai Golkar dan Partai NasDem. Koalisi dua parpol dengan 23 kursi di parlemen provinsi memenuhi syarat pencalonan yang mewajibkan minimal 17 kursi.

"Kekuatan Golkar semakin bertambah dengan bergabungnya NasDem. Fakta menunjukkan bahwa di depan mata tanda-tanda kehidupan telah tiba," kata Nurdin Halid usai menerima surat keputusan rekomendasi pencalonan dari DPP NasDem di Hotel Clarion Makassar, Kamis 14 September 2017.

Bagi Nurdin Halid, koalisi Golkar dan NasDem di Sulsel merupakan paket komplit. Infrastruktur masing-masing parpol dianggap sangat kuat, dengan hadirnya para kader pada berbagai posisi penting baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Nurdin menyebutkan, kekuatan koalisi antara lain ditunjang 12 bupati dan 18 ketua DPRD kader Golkar. Itu ditambah lima bupati dan 10 wakil bupati serta lima wakil pimpinan DPRD kader NasDem.

"Ini kekuatan infrastruktur yang maha dahsyat. Di sisi lain, berdasarkan pemilihan legislatif tahun 2014, NasDem dan Golkar sudah punya modal dasar berupa 1,3 juta suara di Sulsel," kata Nurdin.

Tak sampai di situ, Nurdin Halid juga percaya diri dengan modal elektabilitas calon pendampingnya. Aziz Qahar Mudzakkar yang sudah tiga kali mewakili Sulsel sebagai senator DPD, pada pemilihan terakhir tahun 2014 dipilih oleh 1 juta lebih suara. Yang menjadi tantangan adalah memaksimalkan berbagai modal dasar tersebut.

Nurdin Halid dan Aziz Qahar Mudzakkar menerima SK rekomendasi dari Partai NasDem, usai lebih dulu ditetapkan sebagai bakal calon gubernur oleh Partai Golkar. Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse mengatakan akan berupaya maksimal mengerahkan kader dan simpatisan partai hingga ke tingkat bawah untuk memenangkan pasangan tersebut.

"Sebagai kader kita wajib patuh dan taat atas keputusan ini. Saya selaku ketua DPW yang bertanggung jawab," ujarnya.

Sejumlah kandidat berencana mencalonkan diri di Pilgub Sulsel melalui jalur parpol. Sejauh ini baru empat partai yang memastikan kandidat usungannya. Selain NasDem dan Golkar, ada PKB dan PBB yang akan mengusung wakil gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang dan legislator DPR RI Aliyah Mustika Ilham. Adapun parpol lain tengah menggelar proses penjaringan kandidat.


(ALB)

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

35 minutes Ago

Partai Golkar tengah diterjang badai saat Ketua Umum Setya Novanto ditahan karena tersandung ka…

BERITA LAINNYA