Jelang Lebaran, Komisi V Tinjau Kesiapan Bandara & Pelabuhan di Lampung

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 19 Jun 2017 11:56 WIB
berita dpr
Jelang Lebaran, Komisi V Tinjau Kesiapan Bandara & Pelabuhan di Lampung
Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Lampung (Foto:Dok.DPR RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mudik menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia jelang Hari Raya Idul Fitri. Kesiapan pemangku kepentingan diharapkan optimal dalam memberikan pelayanan kepada pemudik.

Tak hanya terpusat di Pulau Jawa, intensitas arus mudik di Pulau Sumatera juga cukup tinggi. Salah satunya Lampung, sebagai salah satu provinsi tujuan mudik ataupun kota transit bagi pemudik menuju Sumatera yang dinilai siap menyambut Mudik Lebaran 2017.

Hal itu terlihat dari pantauan Komisi V DPR RI setelah meninjau bandar udara dan pelabuhan di Lampung. Untuk Bandara Radin Inten II Lampung, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengatakan, telah memiliki standar yang sesuai. Pihak otoritas bandara mampu mengantisipasi peningkatan penumpang dengan baik.

"Dari fasilitas kebandaraan, Bandara Radin Inten II Lampung sudah sesuai. Untuk pengawasan dari otoritas bandara, semuanya sudah standar. Bahkan termasuk antisipasi masuknya narkoba, mereka sudah punya anjing pelacak. Tak ada masalah,” kata Sigit, usai pertemuan.
 
Sementara untuk persiapan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sigit pun menilai sudah cukup baik. Namun, masih ada beberapa yang harus segera ditindaklanjuti oleh ASDP Bakauheni, yaitu terkait penataan pelabuhan.
 
“Catatan saya, karena angkutan-angkutan umum belum berada di tempat yang disediakan. Masih campur antara pengendara motor, orang jalan, dan mobil, sehingga tampak semrawut. Perlu lebih dirapikan lagi,” ujarnya, mengkritisi.

Selain itu, politikus PKS ini menyampaikan bahwa kepadatan lalu lintas pelabuhan Bakauheni terjadi pada saat arus balik. Dia mengingatkan agar pihak pelabuhan bisa mengatur dengan baik agar tidak terjadi kepadatan yang berlebihan saat arus balik.
 
“Pelabuhan Bakauheni bukan tempat penumpukan penumpang untuk arus mudik, tapi arus balik. Arus balik tidak sedramatis arus mudik. Saya melihat kesiapan Bakauheni sudah cukup. Antisipasi agar tidak terjadi penumpukan penumpang, pun sudah optimal,” nilai legislator asal dapil Jatim itu.
 
Sebelumnya, Kepala UBPU Bandara Radin Inten II Lampung, Satimin mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan secara optimal dalam menyambut Mudik Lebaran 2017. Pihaknya telah melakukan sejumlah koordinasi dengan pihak terkait seperti Pemprov Lampung, Dinas Perhubungan Lampung, hingga Polda Lampung beserta jajaran.
 
Terkait penambahan jumlah penerbangan, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan. Dalam sehari terdapat penambahan 12 penerbangan, sehingga dalam satu hari ditambah dengan 31 penerbangan regular, terdapat 43 penerbangan di Bandara Radin Inten II. Serta untuk mendukung Mudik Lebaran kali ini, pihaknya pun membuka posko di area bandara.
 
Selain Bandara Radin Inten II, Komisi V DPR juga meninjau Tol Terbanggi Besar-Bakauheni di Ruas Lematang - Kota Baru, Pelabuhan Bakauheni, serta mencoba langsung sarana dan prasarana Basarnas, khususnya SAR Lampung. Kunspek ini juga diikuti oleh beberapa Anggota Komisi V DPR, diantaranya Salim Fakhry (F-PG), Rita Zahara (F-Gerindra), Bakri (F-PAN), dan Irmawan (F-PKB).


(ROS)