Surya Paloh Terima Gelar Kehormatan Raja di Maluku

Intan Yunelia    •    Selasa, 06 Nov 2018 20:49 WIB
partai nasdemsurya paloh
Surya Paloh Terima Gelar Kehormatan Raja di Maluku
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menerima gelar kehormatan dari raja Maluku. (Ist)

Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menerima gelar kehormatan dari raja Maluku sebagai ‘Mua Jaiyo Yang Emalopi Tulae Emakanan Tae Horoillo Nae Mua Lepunnyo Heiye’. Gelar tersebut berartikan kehormatan bagi seorang pemimpin yang membawa perubahan kepada masyarakat.

Pemberian gelar diberikan dalam acara apel siaga pemenangan dan orientasi calon legislatif (caleg) NasDem se-Maluku. Acara ini  dihadiri oleh para kader dan 339 Caleg NasDem di Gedung Siwalima, Karang Panjang Kota Ambon, Maluku, Selasa, 6 November 2018.

Gelar diberikan langsung oleh Majelis Latupati Maluku. Mejelis adat yang mewadahi berhimpunnya raja-raja representasi masyarakat adat maluku.

Gelar tersebut diakui Surya merupakan sebuah kehormatan bagi dirinya selama memimpin Partai NasDem. “Sungguhlah sekali lagi ini merupakan kehormatan. Ini tugas dan kewajiban bagi saya untuk menjaga kehormatan yan diberikan ini,” kata Surya Paloh dalam siaran pers yang diterima Medcom.id.


Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat menerima gelar kehormatan raja-raja Maluku. (Ist)

Surya Paloh menjelaskan, NasDem hadir untuk mengubah persepsi masyarakat tentang partai politik. Karena partai politik saat ini masih dipandang negatif, sebagai institusi pengejar kekuasaan semata.

“Padahal dalam sistem demokrasi yang kita miliki, keberedaan institusi parpol adalah suatu hal yang fundamental dalam pilar demokrasi,” ujarnya.

Ia menuturkan, pentingnya peran parpol bagi demokrasi indonesia. Dia berpesan, agar kader NasDem bisa mengutamakan moralitas dan profesionalitas.

“Ketika parpol tidak mendapatkan respon pemahaman keyakinan dari masyarakat maka itu adalah ancaman bagi demokrasi yang sesungguhnya,” pungkasnya.


(LDS)