PVMBG Siapkan Pos Pantau Cadangan

Raiza Andini    •    Sabtu, 23 Sep 2017 05:14 WIB
gunung berapierupsi gunung
PVMBG Siapkan Pos Pantau Cadangan
Aktivitas Gunung Agung meningkat. (Foto: MTVN/Raiza Andini).

Metrotvnews.com, Karangasem: Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menyampaikan pos pantau Gunung Agung sudah berada dalam radius 12 km dari puncak gunung. Pos pemantau Gunung Agung yang berada di Desa Rendang, Karangasem diprediksi hanya terkena abu vulkanik saja.

"Ini jaraknya kan 12 km, terkait bahayanya itu, di sini kena bahaya abu. Kalau ada lontaran material ini masih jauh," ungkap Kasbani di pos pantau Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Jumat 22 September 2017.

(Baca juga: Gunung Agung Berstatus Awas)

Namun tak dipungkiri bila pos pantau tersebut bakal kena dampak erupsi atau muntahan lahar dan lava dari perut gunung tertinggi di Bali tersebut.

Di sisi lain, tim PVMBG harus memantau terus menerus aktivitas Gunung Agung. Maka itu, pos pantau akan dipindahkan agar dapat mencermati aktivitas gunung pascaletusan.

"Nanti kita lihat perkembangannya kalau nanti letusan lebih besar dan pemantauan harus terus menerus dan terus jalan, kami akan geser ke tempat lebih jauh agar pemantauan tetap bisa kita lakukan," tambahnya.

(Baca juga: Menteri Jonan Imbau Masyarakat di Radius 12 Km Segera Mengungsi)

Pihaknya telah menyiapkan pos pantau cadangan di wilayah bagian selatan Karangasem untuk dapat memantau pergerakan gunung.

"Sudah ada di selatan," tutupnya.


(HUS)