Sulut Tampung Beras Impor Meski Stok Aman

Mulyadi Pontororing    •    Senin, 05 Mar 2018 14:28 WIB
stok berasberas impor
Sulut Tampung Beras Impor Meski Stok Aman
Ilustrasi beras: Antara/Benny Bastiandy

Manado: Pemerintah pusat menyiapkan 261 ribu ton beras impor. Dalam waktu dekat, beras tersebut akan didistribusikan ke sejumlah provinsi.

Pemerintah Sulawesi Utara tetap menerima beras impor yang sempat ditolak sejumlah kepala daerah meski stok dan kebutuhan beras di daerah aman.

"Pemda tetap menerima kebijakan beras impor. Alasannya, beras impor hanya digunakan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga atau permintaan atau pun kelangkaan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdanganan Sulut Jenni Karow kepada Medcom.id, Senin, 5 Maret 2018.

Dia menyebutkan, stok beras di Sulut aman hingga beberapa bulan ke depan. Stok beras itu berasal dari produksi petani di Sulut.

Beras impor yang masuk ke daerah-daerah adalah beras dengan kualitas medium yang diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah. Sementara, petani di Sulut menghasilkan beras premium. Sehingga beras impor diyakini tidak akan mengganggu harga pasar.

"Kalau pun nanti terjadi kelebihan stok pada beras premium, tentu itu bisa dipasarkan antardaerah. Namun sejauh ini produksi beras di Sulut masih sebatas pada tercukupnya kebutuhan masyarakat," terangnya.

Intinya, kata dia, beras impor yang masuk hanya digunakan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga atau permintaan. "Di situ akan ada operasi pasar. Dan operasi pasar itu menggunakan beras impor tadi," pungkasnya.


(SUR)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA