Lipesia Zona Provinsi Bengkulu Resmi Dibuka

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 13 Feb 2018 21:06 WIB
berita kemenaker
Lipesia Zona Provinsi Bengkulu Resmi Dibuka
Lipesia Zona Provinsi Bengkulu resmi digulirkan pada Selasa, 13 Februari 2018 (Foto:dok.Kemenaker)

Bengkulu: Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) Zona Provinsi Bengkulu resmi digulirkan hari ini, Selasa, 13 Februari 2018. Peresmian pembukaan Lipesia ini dilakukan di Stadion Semarak, Bengkulu.
 
Dalam sambutannya, Direktur Jenderal PHI dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemenaker) Haiyani Rumondang menyebutkan, Lipesia memperebutkan piala bergilir, Piala Presiden RI.
 
“Ini merupakan momentum penting bangkitnya sepak bola pekerja yang telah lama vakum. Momen ini tentu saja bisa memberikan harapan bagi atlet sepak bola terutama yang dari perusahaan atau yang mewakili perusahaan untuk tetap berkarya dalam industri sepak bola,” kata Haiyani dalam keterangan tertulis.
 
Lipesia tingkat provinsi direncanakan akan bergulir hingga 24 Maret 2018. Selanjutnya, para juara dari zona provinsi akan mengikuti tingkat selanjutnya. Dalam tahap ini, juara provinsi akan terbagi ke dalam delapan zona regional dan direncanakan akan dilangsungkan pada 6-14 April 2018.
 
Sedangkan pada tingkat nasional atau babak semi final, direncanakan berlangsung pada 22-28 April 2018. "Kemudian, 1 Mei Insya Allah adalah final,” jelasnya.
 
Ia juga menjelaskan, Lipesia terinspirasi Liga Sepak Bola Karyawan (Galakarya) yang berlansung pada tahun 70-an hingga 80-an. Ia berharap, selain meningkatkan solidaritas dan kebersamaan antar stakeholder ketenagakerjaan, penyelenggaraan Lipesia ini jug bisa melahirkan atlet sepak bola nasional.
 
“Saya berharap penyelenggaraan ini tidak hanya menjadi wahana untuk membangkitkan semangat kebersamaan antar pekerja dan meningkatkan kulaitas hubungan industrial, tetapi juga melahirkan atlet sepak bola yang potensi dari kalangan pekerja,” ujarnya.
 
Pembukaan Lipesia ini sudah dimulai sejak 17 Desember 2017, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Kick off pertama dilakukan secara bersama-sama antara Menaker M Hanif Dhakiri, Menpora Imam Nahrawi, dan inisiator Lipesia, Muhaimin Iskandar (Menakertrans Periode 2009 – 2014).


(ROS)