Kupang Bangun Empat Reservoir Atasi Krisis Air

Antara    •    Jumat, 10 Nov 2017 09:55 WIB
kemarau dan kekeringan
Kupang Bangun Empat Reservoir Atasi Krisis Air
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Kupang: Pemerintah Kota Kupang mulai membangun bak penampung air bersih (reservoir) di beberapa titik wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu. Pembangunan reservois untuk mengatasi krisis air bersih warga yang saban tahun dialami, terutama saat kemarau.

"Empat reservoir yang sudah mulai dikerjakan sejak September lalu itu berada di Kelurahan Penfui, Maulafa, Naioni dan Kelurahan Manulai II," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kupang Beni Sain di Kupang, Jumat 10 November 2017.

Pembangunan reservoir telah menunjukan kemajuan. Reservoir di Kelurahan Maulafa sudah selesai 60 persen, Kelurahan Penfui (75 persen), Keluarahan Naioni (50 persen), dan Kelurahan Manulai II (40 persen).

Reservoir Kelurahan Penfui dan Maulafa akan memanfaatkan sumber air Bendungan Tilong yang dikelola Blud-Spam, Pemerintah Provinsi NTT. Sementara untuk di Kelurahan Naioni dan Manulai II akan memanfaatkan sumber air baku yang ada di sekitar dua wilayah itu.

"Ada sumber air di lokasi itu yang bisa dipakai sebagai sumber airnya," katanya.

Masing-masing reservoir nantinya akan difungsikan untuk memberi pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga di sekitarnya.

Ketersediaan air bersih jadi prioritas

Sekretaris Daerah Kota Kupang Bernadus Benu terpisah mengatakan, persoalan air bersih menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah untuk lima tahun ke depan. Pemerintah Kota Kupang terus berupaya merealisasikan bendungan di Kelurahan Kolhua, yang hingga saat ini masih terbentur pembebasan lahan.

Meskipun persoalan pembebeasan lahan sudah diambil alih pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, namun Pemerintah Kota Kupang turut membantu.

Sambil melakukan upaya pendekatan dengan warga di wilayah lokasi pembangunan, Pemerintah Kota Kupang menciptakan sejumlah program jangka menengah untuk mengatasi kesulitan air bersih jika kemarau melanda daerah itu.

Salah satunya adalah dengan membangun sejumlah reservoir besar di sejumlah titik lokasi yang dari aspek teknis memiliki peluang dibangun bak penampung itu.


(SUR)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

58 minutes Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA